Land Rover Defender KW China Ini Lebih Ganteng dan Canggih Dibandingkan Versi Orinya

Minggu, 09 Juli 2023 - 00:30 WIB
loading...
Land Rover Defender KW China Ini Lebih Ganteng dan Canggih Dibandingkan Versi Orinya
Stone 01 milik Rox Motor merupakan mobil bajakan terbaru dari Land Rover Defender. Foto: Carbuzz
A A A
CHINA - China seolah tidak jera membajak desain mobil terkenal Land Rover Defender. Kini giliran perusahaan Rox Motor yang melakukan upaya ilegal itu.

Disebutkan Car News China , Rox Motor baru saja meluncurkan mobil jenis SUV bernama Stone 01. Menariknya mobil tersebut benar-benar sangat mirip dengan Land Rover Defender terbaru.

Hal itu terlihat dari bagian samping dan belakang bodi mobil yang sangat menyerupai mobil SUV legendaris buatan Inggris itu. Bagi mata yang tidak terlatih tentu akan salah mengira bahwa mobil buatan China itu adalah Land Rover Defender baru.

“Bahkan posisi ban serep sangat mirip dengan Land Rover Defender. Bagian yang membedakan hanyalah bagian depan yang sepertinya sedikit diubah agar tidak selalu sama dengan Land Rover Defender,” sebut Carbuzz.

Kemiripan mobil itu tidak hanya terlihat dari segi desain. Rox Motor bahkan mengikuti cara Land Rover dengan menyediakan dua pilihan wheelbase.

Jika Land Rover Defender punya tipe wheelbase 110 dan 130, maka Stone 01 punya Rox Motor punya dua pilihan wheelbase yakni 199 inci dan 208 inci.

Land Rover Defender KW China Ini Lebih Ganteng dan Canggih Dibandingkan Versi Orinya

Uniknya Rox Motor tidak main-main dalam membuat mobil tersebut. Meski bajakan, mereka masih memberikan beberapa teknologi canggihi di Stone 01.

Berdasarkan foto yang beredar, setidaknya Stone 01 dilengkapi dengan LiDAR atau teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan atau informasi lain dari target yang jauh.

Teknologi itu membuat Stone 01 mempunyai fitur keamanan canggih yakni Advanced Driver Assistance System (ADAS). Untuk spesifkasi mesi, Carbuzz menyebutkan mobil tersebut mesin 1, 5liter turbo dengan baterai plug-in hybrid.

Mesin tersebut bisa menggelontorkan tenaga sebesar 150 tenaga kuda yang berfungsi sebagai generator untuk paket baterai lithium-ion terner yang bersumber dari produsen baterai Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL).



Paket baterai menggerakkan motor listrik depan dan belakang yang masing-masing menghasilkan 201 daya kuda dan 268 daya kuda. Diketahui Land Rover memang kerap dipusingkan dengan masalah hak cipta di China. Stone 01 bukan satu-satunya peniru China dari Land Rover Defender. Awal tahun ini, YangWang meluncurkan U8, yang terlihat seperti versi off-roader Inggris yang lebih tangguh.

Seperti Stone 01, YangWang U8 juga sangat bertenaga. Mobil itu menyimpan tenaga maksimal sebesar 1.100 daya kuda berkat penggunaan empatmotorlistrik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)