Penutupan Bandara Babullah Diperpanjang hingga Besok

Jum'at, 05 Agustus 2016 - 20:37 WIB
Penutupan Bandara Babullah Diperpanjang hingga Besok
Penutupan Bandara Babullah Diperpanjang hingga Besok
A A A
JAKARTA - Penutupan Bandara Babullah diperpanjang hingga besok, pukul 10.00 Wit, akibat erupsi Gunung Gunung Gamalama, di Ternate, Provinsi Maluku Utara, yang masih fluktuatif.

"Untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Gamalama, Pemerintah Kota Ternate telah menetapkan masa siaga darurat selama 14 hari, yaitu 3-17 Agustus 2016," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (5/8/2016).

Ditambahkan dia, BNPB menyerahkan bantuan dana siap pakai untuk operasional penanganan siaga darurat erupsi Gamalama sebesar Rp250 juta, yang diserahkan oleh Johny Sumbung, dan diterima langsung oleh Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman.

"PVMBG melaporkan bahwa intensitas kegempaan masih fluktuaktif. Setelah erupsi pada Rabu 3 Agustus 2016, sempat terjadi penurunan pada Kamis 4 Agustus 2016, namun naik lagi pada malam harinya," terangnya.

Hingga kini, status Gamalama masih Waspada di Level 2, dengan ancaman erupsi sampai 1.5 kilo meter. Sementara itu, BMKG melaporkan curah hujan sejak tiga hari ke depan berpeluang sedang sampai tinggi.

"Arah angin yang berpengaruh terhadap sebaran debu vulkanik masih dari tenggara/selatan, sehingga abu Gamalama tersebar ke arah utara, di mana terdapat bandara," jelasnya.

Dia melanjutkan, dengan adanya potensi hujan, pihaknya meminta masyarakat mewaspadai banjir lahar dingin di sekitar alur-alur sungai yang hulunya mengarah ke puncak.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7485 seconds (0.1#10.140)