Berat Badan Turun, Rizki Bocah Obesitas Makin Lincah

Selasa, 02 Agustus 2016 - 22:00 WIB
Berat Badan Turun, Rizki Bocah Obesitas Makin Lincah
Berat Badan Turun, Rizki Bocah Obesitas Makin Lincah
A A A
PALEMBANG - Pasien obesitas, Rizki Rahmad Ramadhan (11) makin membaik. Setelah berat badannya menurun drastis, bungsu dari tujuh bersaudara itu dilatih gerakan ringan oleh tim dokter.

Selasa (2/8/2016), berat badan Rizki kembali turun. Sebelumnya, berat badan bocah kelas VI SD itu mencapai 98 kg, namun kini beratnya sudah sekitar 95,5 kg. Rizki juga mulai dikenalkan latihan ringan berupa gerakan kecil bagi tubuhnya tersebut.

Menurut sang ibu, Salia, Rizki mulai bergerak dengan berjalan-jalan kecil di kamar. Gerakan ringan ini sebagai bagian dari latihan yang diprogramkan tim dokter kepada Rizki.

"Sekarang sudah makin bergerak. Masih pasif, tapi sudah lebih baik ketimbang sebelum dirawat di rumah sakit," ujarnya saat ditemui di ruang rawat inap anak RSMH Palembang.

Ia mengatakan, banyak kemajuan yang ditunjukkan oleh sang buah hatinya tersebut. Rizki sudah mulai menjalani program latihan di kamar dan beberapa ruangan di sal anak tersebut.

"Rizki sudah makin lincah, banyak bergerak tubuhnya, baik berjalan ataupun menggerakkan tangan, meski baru gerakan ringan," ujarnya.

Setelah dirawat 15 hari, penurunan berat badan Rizki makin terlihat. Berat badannya menyusut hampir 24 kg.

"Sekarang 95,5 kg, tiap hari selalu ditimbang oleh tim dokter. Sekarang kita akan selalu mengatur pola makanan sesuai anjuran dan arahan dokter, jadi kami tidak diperkenankan memberikan makanan lain selain dari rumah sakit."

Ia pun mengatakan, jenis makanan yang diberikan tim dokter lebih banyak berupa buah-buahan. Sebab, dari menu yang disiapkan tim dokter telah menggantikan karbohidrat menjadi nutrisi berupa buah-buahan.

"Dulu, Rizki memang jarang makan buah, tapi setelah dokter membujuknya, sekarang ia malah sangat senang," katanya.

Terpisah, salah satu tim dokter yang­ menangani Rizki, Yulius Azwar mengatakan pihaknya kini fokus memberikan penanganan yang konservatif bagi pengobatan Rizki. Tim dokter khususnya bagian nutrisi, gizi, dan fisioterapi, menargetkan penurunan berat badan hingga 40 kg.

"Kemarin turun drastis, mungkin faktor dari tubuh Rizki yang banyak mengandung air. Pengaruh obat hipertensi yang kita berikan, membuat air di dalam tubuh keluar, sehingga berat badan turun drastis."

Yulius menambahkan tiap perkembangan penurunan berat badan akan selalu diamati tim dokter.

"Evaluasi selalu kita lakukan, tiap minggu perkembangan turun selalu ada, meski sedikit. Minimal satu hari sekitar setengah kilo atau 70 gram BB berkurang," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9420 seconds (0.1#10.140)