Surabaya Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional 2023, Kemenpora Ajukan Syarat Tuan Rumah Potradnas 2025

Rabu, 14 Juni 2023 - 20:39 WIB
loading...
Surabaya Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional 2023, Kemenpora Ajukan Syarat Tuan Rumah Potradnas 2025
Surabaya Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional 2023. Foto: Kemenpora
A A A
KUNINGAN - Perhelatan Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional ( POTRADNAS ) IX Tahun 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berlangsung sukses. Bukan hanya penyelenggaraan, tetapi jumlah remaja dari berbagai daerah yang terlibat pada event yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan Asisten Deputi (Asdep) Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Kemenpora, Aris Subiono yang ditemui usai menutup POTRADNAS IX di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu (14/6/2023).

"Di POTRADNAS VIII Belitung 2021 lalu hanya tercatat diikuti oleh 21 Provinsi saja sedangkan di POTRADNAS IX Tahun 2023 mengalami peningkatan dimana peserta berasal dari 27 Provinsi plus 8 Kabupaten/Kotamadya. Peningkatan jumlah peserta ini jelas menunjukkan bertambahnya minat daerah dalam melestarikan jenis olahraga tradisional di Tanah Air. Mudah-mudahan pada pelaksanaan POTRADNAS X Tahun 2025 nanti sudah 28 Provinsi yang tampil," kata Aris Subiono.



Yang lebih menggembirakan, kata Aris Subiono, peta kekuatan di POTRADNAS X yang tadinya dikuasai Jawa Barat dan Banten sudah merata dengan munculnya Bengkulu, Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Buleleng (Bali). "Program pelestarian Budaya lewat POTRADNAS telah mendapatkan respon dengan munculnya daerah-daerah lain yang mampu bersaing," ungkapnya.

Ketika disinggung daerah yang menjadi tuan rumah POTRADNAS X Tahun 2025, Aris Subiono menjawab, penentuannya akan dilakukan setahun sebelum pelaksanaan yakni pada tahun 2024.

Menurutnya, daerah yang berminat menjadi tuan rumah POTRADNAS X harus mengajukan surat penawaran tertulis dengan disertakan persetujuan dari Bupati/Walikota dan Gubernur yang ditujukan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setahun sebelum pelaksanaan.

"Seperti biasanya, Tim Kemenpora nanti akan melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan daerah yang pantas menjadi tuan rumah POTRADNAS X Tahun 2025. Dulu, Kuningan, Jawa Barat mengalahkan Siak, Riau untuk menjadi tuan rumah POTRADNAS IX," ungkapnya.

Di POTRADNAS IX Tahun 2023 yang mempertandingkan lima jenis olahraga tradisional ini, Tim Kota Surabaya merebut gelar juara umum dengan meraih 1 emas dan 2 perak. Disusul Provinsi Banten dengan 1 emas dan 1 perunggu, Kalimantan Timur dengan 1 emas dan 1 perunggu, Tim Provinsi Jawa Timur dan Kepulauan Riau dengan masing-masing meraih 1 emas.

Hasil Lengkap POTRADNAS IX Tahun 2023:
Egrang Putra:
1. Provinsi Banten
2. Kota Surabaya
3. Provinsi Kalimantan Timur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)