Hilang dalam Misi Perang Dunia II, Bangkai Kapal Selam Inggris Tenggelam di Laut Yunani

Rabu, 14 Juni 2023 - 10:52 WIB
loading...
Hilang dalam Misi Perang Dunia II, Bangkai Kapal Selam Inggris Tenggelam di Laut Yunani
Bangkai kapal selam HMS Triumph terbaring di kedalam 203 meter sekitar 10 km dari Cape Sounion lepas pantai Yunani. Foto/K. Thoctarides/PlanetBlue.gr/Wikipedia
A A A
LONDON - Kapal selam militer Inggris, HMS Triumph, yang hilang dalam misi operasi khusus selama Perang Dunia II ditemukan tenggelam di Laut Aegea, Yunani. Bangkai kapal selam HMS Triumph terbaring di kedalam 203 meter sekitar 10 km dari Cape Sounion lepas pantai Yunani.

Penyelam veteran Yunani Kostas Thoctarides mengumumkan penemuan bangkai kapal selam HMS Triumph dalam sebuah posting Facebook minggu lalu. Timnya menemukan bangkai kapal HMS Triumph di lokasi yang dirahasiakan sekitar Laut Aegea.

Ketika ditemuan, palka kapal selam dan periskop dalam kondisi tertutup. Kondisi ini menunjukkan bahwa kapal selam ketika tenggelam sedang menyelam di bawah permukaan laut.



Salah satu anggota tim pencari, Rena Giatropoulou Thoctarides, mengatakan bahwa bagian depan kapal selam rusak parah akibat ledakan. Namun, belum diketahui secara jelas apakah ledakan itu berasal dari eksternal atau internal kapal selam.

“Tim kami sekarang bekerja dengan para ahli kapal selam dan torpedo untuk memberi jawaban pasti tentang kondisi ini,” kata Thoctarides kepada Live Science, Rabu (14/6/2023).

Menurut catatan angkatan laut Inggris, HMS Triumph diam-diam berlayar ke Teluk Despotikos, lepas pulau dekat Antiparos di Cyclades, pada bulan Desember 1941. Pada 30 Desember, kapal selam HMS Triumph mengirim pesan terenkripsi yang melaporkan telah menurunkan tim intelijen militer Inggris.
Hilang dalam Misi Perang Dunia II, Bangkai Kapal Selam Inggris Tenggelam di Laut Yunani


Mereka dijadwalkan untuk menyelamatkan lebih dari 30 pelarian Inggris dari Antiparos terdekat pada 9 Januari. Namun, HMS Triumph tidak pernah muncul, dan para pelarian ditangkap. Pada 23 Januari 1942, Royal Navy mendaftarkan kapal selam itu hilang di laut, dengan 64 awak di dalamnya.



Tampaknya seluruh kru tewas bersama ketika HMS Triumph tenggelam. “HMS Triumph harus diperlakukan dengan rasa hormat dan kesucian yang layak sebagai kuburan perang maritim,” kata Thoctarides.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3431 seconds (0.1#10.140)