Tekad Arya si Bocah Obesitas Turunkan Berat Badan

Jum'at, 22 Juli 2016 - 07:57 WIB
Tekad Arya si Bocah Obesitas Turunkan Berat Badan
Tekad Arya si Bocah Obesitas Turunkan Berat Badan
A A A
BANDUNG - Tak pernah protes. Itulah sikap yang diperlihatkan Arya Permana (10) saat menjalani program penurunan berat badan. Hingga kini, bocah berbobot lebih dari 180 kilogram itu tetap menjalankan apa yang disarankan oleh dokter dan berbagai pihak lainnya.

Ade Somantri (40), orangtua Arya, mengatakan anaknya memiliki semangat tinggi agar berat badannya turun. Satu tujuan besar yang ingin diwujudkan Arya yaitu bisa kembali pergi ke sekolah.

Sebab, selama setahun terakhir, Arya terpaksa belajar di rumah. Guru dari sekolah datang langsung ke rumah demi menjaga hak pendidikan Arya. "Arya mah semangat. Dia pengin bisa belajar lagi di sekolah karena selama ini belajarnya di rumah," kata Ade.

Tekad besar Arya untuk menurunkan berat badan juga terlihat dari kebiasaan makannya. Jika dahulu ia bisa makan sampai lima kali sehari, kali ini jumlahnya jauh lebih sedikit.

"Sekarang mah tiga kali sehari makannya," ungkapnya.

Soal menu makanan, hal itu disesuaikan dengan porsi gizi seimbang yang disusun oleh tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). "Sejak sekitar satu setengah bulan ini Arya juga jarang jajan. Bahkan bisa dikatakan 99 persen dia tidak jajan lagi di luar. Sekarang mah cukup makan di rumah," ucap Ade.

Sebagai orangtua, ia pun senang melihat semangat yang ditunjukkan Arya dalam menjalankan program penurunan berat badan. Apalagi keinginan terbesar Arya adalah bersekolah.

"Saya juga berharap Arya bisa belajar lagi di sekolah," tutur Ade.

Selama ini, Arya sendiri kesulitan pergi ke sekolah karena bobot tubuhnya yang besar. Ia hanya mampu berjalan beberapa puluh meter.

Arya harus beristirahat lebih dulu sebelum melanjutkan berjalan. Sebab jika dipaksakan berjalan tanpa berhenti ke sekolah, Arya bisa muntah dan sesak.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5248 seconds (0.1#10.140)