Arab Saudi Gelar Pameran Seni Fotografi yang Mengeksplorasi Haji

Senin, 12 Juni 2023 - 10:13 WIB
loading...
Arab Saudi Gelar Pameran Seni Fotografi yang Mengeksplorasi Haji
Susan Baaghail, salah seorang peserta pameran. Pameran ini menampilkan mulai dari foto dan lukisan hingga buku, manuskrip, dan artefak berharga lainnya. Foto Arab News
A A A
JEDDAH - Arab Saudi menggelar pameran berjudul “Journey Through the Holy Sites” di Jeddah , Arab Saudi. Pameran ini menawarkan eksplorasi yang menawan dari pengalaman para peziarah selama haji . Pameran yang digelar bertepatan dengan musim haji di kota suci Makkah ini berlangsung dari 12 hingga 23 Juni, di Terhal Hall di Jeddah Park.

Arab News melaporkan pameran memajang koleksi karya bersejarah yang ditampilkan 26 seniman, termasuk tiga fotografer berbakat dari Arab Saudi. Pengunjung bisa datang mulai pukul 10.00 hingga 22.00 untuk melihat pameran tersebut.

Pameran ini sebagai hasil kerja sama Museum Seni Islam dan Asosiasi Amal Oyoun Jeddah, menghadirkan lebih dari 100 jenis, mulai dari foto dan lukisan hingga buku, manuskrip, dan artefak berharga lainnya.

Tujuan utama dari pameran ini adalah untuk mencerminkan komitmen Kerajaan Arab Saudi yang tak tergoyahkan untuk memastikan perjalanan yang mulus dan dapat diakses oleh para jemaah haji dari seluruh dunia. Ini juga bertujuan untuk menyoroti berbagai inisiatif yang diterapkan untuk memfasilitasi haji bagi semua individu.



Didedikasikan untuk Makkah sebagai kota yang penting secara historis dan ekonomis, pameran ini mencakup perjalanan dari abad pertengahan pada era Ottoman hingga saat ini. Bagian tertentu berfokus pada representasi artistik dari ritual, termasuk kain bordir yang pernah menghiasi Kakbah dan bidikan udara yang menakjubkan dari Masjid Suci.

Zuhair Maimani, konsultan pengembangan bisnis di Yayasan Zona Kreativitas dan penyelenggara pameran, menekankan bahwa pameran ini bertujuan untuk menunjukkan upaya kolektif negara-negara Islam dalam membuat ritual yang diberkati ini sukses besar.

Dia lebih lanjut menekankan peran yang dimainkan oleh Arab Saudi dalam melayani Dua Masjid Suci dan jemaah.

“Pameran ini menggambarkan status Makkah, pentingnya haji, dan dampaknya terhadap kehidupan umat Islam di seluruh dunia. Ini juga berkontribusi untuk mendorong pemahaman yang lebih besar tentang Islam di kalangan non-Muslim,” jelas Maimani.

Sejalan dengan pameran utama adalah pameran fotografi tentang haji yang ditangkap melalui lensa dari tiga fotografer berbakat Saudi: Prof Khaled Khader, Prof Susan Baaqhil, dan Imad Al-Husseini.

Baaqhil, fotografer-seniman profesional pemenang penghargaan pertama di Arab Saudi, menyatakan kebanggaannya mewakili Islam dan Arab Saudi ke dunia.

Selain karya, benda, foto, dan karya seni lokal, pameran ini juga menyelenggarakan lokakarya kaligrafi secara langsung dan menampilkan desain Islami, menambahkan elemen interaktif untuk berinteraksi dengan pengunjung.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)