Gencatan Senjata Berakhir, Pertempuran Kembali Pecah di Sudan

Senin, 12 Juni 2023 - 06:40 WIB
loading...
Gencatan Senjata Berakhir, Pertempuran Kembali Pecah di Sudan
Pertempuran kembali pecah di Sudan setelah gencatan senjata selama 24 jam berakhir. Foto/Ilustrasi
A A A
KHARTOUM - Bentrokan berkelanjutan dan tembakan artileri dilaporkan terjadi di beberapa bagian Ibu Kota Sudan , Khartoum, pada Minggu pagi, segera setelah berakhirnya gencatan senjata 24 jam yang membawa jeda singkat pertempuran delapan minggu faksi-faksi militer yang bersaing.

Saksi mata mengatakan pertempuran dilanjutkan setelah gencatan senjata berakhir pada pukul 6 pagi waktu setempat di utara Omdurman, salah satu dari tiga kota yang berdampingan, bersama dengan Khartoum dan Bahri, yang membentuk ibu kota di sekitar pertemuan Sungai Nil.

Penduduk mengatakan telah terjadi tembakan artileri di daerah Sharq el-Nil di pinggiran timur ibu kota, dan di sekitar jembatan yang menghubungkan Omdurman dan Bahri. Ledakan dan bentrokan juga dilaporkan terjadi di Khartoum.

Perang antara tentara Sudan dan paramiliter Pasukan Pendukung Cepat (RSF) pecah pada 15 April karena ketegangan terkait dengan rencana yang didukung internasional untuk transisi menuju pemerintahan sipil.

Konflik tersebut telah membuat lebih dari 1,9 juta orang mengungsi, memicu krisis kemanusiaan besar yang mengancam akan menyebar ke seluruh wilayah yang bergejolak.



Pertempuran telah terkonsentrasi di ibu kota, banyak di antaranya telah menjadi zona perang yang dilanda penjarahan dan bentrokan.

Kerusuhan juga berkobar di tempat lain termasuk wilayah barat Darfur, yang telah dilanda konflik yang memuncak pada awal tahun 2000-an.

Warga dan aktivis telah melaporkan kerusakan lebih lanjut dalam beberapa hari terakhir di El Geneina, dekat perbatasan dengan Chad, dan gelombang serangan baru oleh suku nomaden Arab yang memiliki hubungan dengan RSF. Kota ini sebagian besar terputus dari jaringan telepon selama beberapa minggu.

Kota lain yang terkena dampak adalah El Obeid, ibu kota Negara Bagian Kordofan Utara di barat daya Khartoum dan di jalur utama ke Darfur. Penduduk mengatakan itu secara efektif dalam keadaan terkepung karena konflik, dengan pasokan makanan dan obat-obatan terputus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)