10 Ciri-ciri Orang Cerdas dan Jenius yang Kadang Tak Disadarinya

Minggu, 11 Juni 2023 - 17:17 WIB
loading...
10 Ciri-ciri Orang Cerdas dan Jenius yang Kadang Tak Disadarinya
Orang Cerdas dan Jenius. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa untuk meraih prestasi baik pada saat menuntut ilmu maupun bekerja membutuhkan Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi.

Namun, menurut hasil penelitian terbaru di bidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar atau kecerdasan seseorang. Faktanya, ada banyak faktor lain yang mempengaruhinya.



Para ahli mengatakan, tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk dianggap sebagai orang yang sangat cerdas. Para ahli mengatakan, ada lebih dari itu, dan banyak orang yang sangat cerdas bahkan tidak menyadari betapa pintarnya mereka sebenarnya.

“Orang yang sangat cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan dapat beradaptasi dengan perubahan, mereka berpikir sebelum berbicara atau bertindak, dan mereka mampu mengelola emosi mereka secara efektif," Dr. Catherine Jackson, psikolog klinis berlisensi dan ahli saraf bersertifikat.

dr. Catherine menyampaikan seseorang memiliki beberapa jenis kecerdasan yang berbeda, termasuk tidak terbatas pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional. Peneliti telah melihat banyak kesamaan sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat cerdas.



Berikut 10 ciri-ciri orang yang cerdas berdasarkan hasil penelusuran SINDOnews.


1. Mudah Beradaptasi.

Beberapa pengguna Quora mencatat bahwa orang cerdas fleksibel dan mampu berkembang dalam pengaturan yang berbeda.

Seperti yang ditulis Donna F Hammett, orang-orang cerdas beradaptasi dengan menunjukkan apa yang dapat dilakukan terlepas dari kerumitan atau batasan yang dikenakan pada mereka.

Penelitian psikologis mendukung gagasan ini: Kecerdasan bergantung pada kemampuanmu untuk mengubah perilakumu sendiri agar dapat mengatasi lingkungan secara lebih efektif atau membuat perubahan pada lingkungan tempatmu berada.


2. Mengakui Bila Tidak Bisa

Orang-orang cerdas dapat mengakui ketika mereka tidak terbiasa dengan konsep tertentu. bahkan, mereka mengakui keterbatasan dirinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)