Pukulan Telak Buat Ukraina, Rusia Habisi Seribu Tentara dan Puluhan Tank dalam Sehari

Jum'at, 09 Juni 2023 - 22:37 WIB
loading...
Pukulan Telak Buat Ukraina, Rusia Habisi Seribu Tentara dan Puluhan Tank dalam Sehari
Rusia mengklaim telah membunuh seribu tentara dan puluhan tank Ukraina dalam sehari. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia dalam pembaruannya melaporkan bahwa pasukan Ukraina telah kehilangan hingga 1.240 tentara dan 39 tank selama satu periode 24 jam. Klaim Moskow ini menambahkan kerugian besar yang diderita Kiev selama seminggu yang diyakini telah meluncurkan serangan balasan terhadap Rusia.

Kementerian Rusia itu menambahkan bahwa 30 kendaraan tempur infanteri, 38 kendaraan lapis baja, serta selusin artileri dan perangkat keras militer lainnya, beberapa di antaranya disediakan oleh sponsor Barat Kiev, juga dihancurkan.

"Dua jet militer Ukraina, dua rudal jelajah Storm Shadow yang disediakan Inggris, dan 13 drone dicegat dan dihancurkan selama satu hari," tambah laporan itu seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (9/6/2023).

Media Rusia dan Barat telah menyimpulkan bahwa Ukraina telah melancarkan serangan besar-besaran terhadap lawannya minggu ini, mencoba memanfaatkan harta karun senjata yang dipasok oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya. Bagaimanapun, pejabat Ukraina telah menawarkan laporan yang bertentangan tentang apakah operasi telah dimulai.



Pendukung Ukraina menyatakan harapannya bahwa Kiev dapat memperoleh keuntungan teritorial yang signifikan dengan menggunakan tank tempur utama produksi Barat, yang sebelumnya tidak dimiliki.

Militer Rusia melaporkan menangkis serangkaian serangan Ukraina selama seminggu ini dan mengatakan Kiev membayar mahal untuk menyelidiki pertahanan Rusia di berbagai bagian garis depan.

Negara-negara Barat telah berjanji untuk mendukung Kiev selama diperlukan untuk menimbulkan "kekalahan strategis" di Rusia. Tetapi laporan media menunjukkan bahwa skala bantuan militer di masa depan akan bergantung pada apakah pasukan Ukraina berhasil memberikan keberhasilan di medan perang.

"Gedung Putih dengan cemas mengawasi aksi tersebut, karena reputasi Presiden Joe Biden dipertaruhkan di dalamnya," kata Politico tentang operasi Ukraina tersebut.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0810 seconds (0.1#10.140)