Inilah Gambaran Fisik Para Penghuni surga

Kamis, 08 Juni 2023 - 19:38 WIB
loading...
Inilah Gambaran Fisik Para Penghuni surga
Keindahan dan kenikmatan surga banyak dikisahkan dalam Al-Quran maupun hadis, begitupun gambaran fisik para penghuninya yang ternyata berusia muda semua. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kenikmatan dan keindahan surga , banyak diceritakan dalam hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Lalu bagaimana dengan tampilan atau gambaran fisik para penghuninya?

Dalam kitab Tanbihul Ghafilin karya Syekh Abu Laits As Samarqandi, beliau menuliskan sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra., di mana ia berkata: Rasulullah Shollallahu Alaihi Wassalam bersabda;

“Sesungguhnya penghuni surga itu muda semuanya, bersih, halus, tidak ada rambut kecuali di kepala, dua alis, dua idep (di kelopak mata), artinya mereka tidak mempunyai rambut kemaluan dan bulu ketiak, (Mereka semua) setinggi Nabi Adam yakni 60 hasta dan seusia Nabi Isa bin Maryam yakni 33 tahun, (mereka) berkulit putih dan berpakaian hijau.

Ada seorang yang selalu menghidangkan makanan di hadapan salah seorang di antara mereka, lantas, datanglah burung dan berkata: “Wahai kekasih Allah, saya telah minum dari sumber salsabil, bercanda ria di taman surga bawah ‘arasy, serta makan buah-buahan ini dan itu”. Rasa sebelah badan burung itu adalah daging yang dimasak, dan sebelah badan yang lain terasa dipanggang. Penghuni surga itu makan daging burung itu sepuas-puasnya.”

Disebutkan juga bahwa setiap kekasih Allah itu mempunyai 70 perhiasan yang beraneka ragam warnanya. Salah satunya pada cincin pertama tertulis:

سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِۗ


“Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu.” (QS. Ar-Ra’d, 13:24)

Diberitahukan bahwa para malaikat masuk ke surga dan memberikan mereka selamat dari segala siksaan karena di dunai ini kamu telah menunjukkan kesabaranmu yang tinggi dalam menaati Allah. Mereka bisa menikmati surga yang telah Allah sediakan tersebut.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)