Banjir dan Longsor Kebumen, BMKG Warning Cuaca Buruk Masih Terjadi

Selasa, 21 Juni 2016 - 03:02 WIB
Banjir dan Longsor Kebumen, BMKG Warning Cuaca Buruk Masih Terjadi
Banjir dan Longsor Kebumen, BMKG Warning Cuaca Buruk Masih Terjadi
A A A
JAKARTA - Bencana banjir dan longsor juga terjadi di Kabupaten Kebumen. Data BPBD Kebumen menyebutkan bahwa dua orang meninggal, dan enam orang masih hilang.

"Di samping itu, puluhan rumah rusak dan ratusan lain terendam banjir. Sedangkan empat jembatan rusak di lokasi yang berbeda," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (20/6/2016).

Akibat bencana ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menetapkan masa tanggap darurat 15 hari, terhitung pada 19 Juni hingga 3 Juli 2016. Komandan Kodim 0709 ditunjuk Bupati Kebumen sebagai Komandan Tanggap Darurat.

"Banjir dan longsor di Kebumen dipicu oleh hujan yang terjadi di sebagian besar wilayah ini sejak pukul 15.00 hingga 24.00 Wib," ungkapnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk periode 20–22 Juni 2016. Pada waktu itu beberapa wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

"Wilayah yang berpotensi antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur," terangnya.

Menyikapi insiden yang melanda Jawa Tengah dan peringatan dini cuaca, Kepala BNPB mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan mengantisipasi potensi banjir dan longsor.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0011 seconds (0.1#10.140)