Korban Perang Suriah: Situs Warisan Dunia Itu Menanti Restorasi

Sabtu, 03 Juni 2023 - 11:23 WIB
loading...
Korban Perang Suriah: Situs Warisan Dunia Itu Menanti Restorasi
Pemandangan umum Gereja Saint Simeon, 30 kilometer (19 mil) barat laut Aleppo, Suriah, terlihat Rabu, 8 Maret 2023. Foto/ilustrasi: AP/Omar Albam/arab news
A A A
Perang merusak segalanya. Amukan kelompok Daesh di seluruh Suriah , 8 tahun yang lalu, meledakkan sebuah kuil ikonik era Romawi di kota tua Palmyra.

Kini, Daesh sudah kehilangan cengkeramannya. Hanya saja, pekerjaan restorasi di situs tersebut terhambat oleh masalah keamanan, sisa ranjau darat ISIS, dan kurangnya dana.

Menurut Arab News, situs arkeologi lain di seluruh Suriah menghadapi masalah serupa. Hal ini terjadi baik di wilayah yang dikuasai pemerintah maupun oleh oposisi. Situs itu rusak akibat perang. Bukan hanya itu. Gempa mematikan berkekuatan 7,8 yang melanda wilayah Turki yang bertetangga dengan Suriah pada bulan Februari juga merusak segalanya.

Youssef Kanjou, mantan direktur Museum Nasional Aleppo Suriah, mengatakan situasi situs warisan di negaranya adalah "bencana".

Tanpa upaya pelestarian dan pemulihan yang terkoordinasi, kata Kanjou, yang kini menjadi peneliti di Universitas Tübingen di Jerman, “Kita akan kehilangan apa yang tidak hancur oleh perang atau gempa bumi,” ujarnya sebagaimana dilansir Arab News Jumat 2 Juni 2023.



Sebelum perang, Palmyra - salah satu dari enam situs warisan dunia UNESCO di Suriah - adalah permata mahkota arkeologi negara itu, objek wisata yang menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahun.

Kota kuno itu adalah ibu kota negara klien Arab dari Kekaisaran Romawi yang sempat memberontak dan membangun kerajaannya sendiri pada abad ketiga, dipimpin oleh Ratu Zenobia.

Belakangan ini, area tersebut memiliki asosiasi yang lebih gelap. Menurut Arab News, itu adalah rumah bagi penjara Tadmur, di mana ribuan penentang aturan keluarga Assad di Suriah dilaporkan disiksa. IS menghancurkan penjara setelah merebut kota.

Para militan kemudian menghancurkan kuil bersejarah Bel dan Baalshamin dan Arch of Triumph di Palmyra. Mereka memandang situs itu sebagai monumen penyembahan berhala. Seorang sarjana barang antik tua yang telah mengabdikan hidupnya untuk mengawasi reruntuhan pun dibunuh dengan cara memenggal kepalanya.
Korban Perang Suriah: Situs Warisan Dunia Itu Menanti Restorasi

Hari ini, jalan melalui padang pasir dari Homs ke Palmyra dihiasi dengan pos pemeriksaan tentara Suriah. Di kota yang berdekatan dengan situs kuno, beberapa toko telah dibuka kembali, tetapi tanda-tanda perang tetap berupa kendaraan yang hangus dan toko serta rumah yang terbakar atau tertutup papan.

Museum Palmyra ditutup, dan patung singa yang sangat disukai yang dulu berdiri di depannya telah dipindahkan ke Damaskus untuk direstorasi dan diamankan.

Turis Suriah dan mancanegara sudah mulai berdatangan kembali. “Kami pikir tidak mungkin orang asing kembali ke Palmyra,” kata Qais Fathallah, yang pernah mengelola sebuah hotel di sana tetapi melarikan diri ke Homs ketika ISIS mengambil alih. Sekarang dia kembali ke Palmyra, menjalankan sebuah restoran, di mana dia melayani turis secara teratur.



Pada hari baru-baru ini, sekelompok turis dari negara-negara termasuk Inggris, Kanada, China, dan lainnya, dengan mahasiswa universitas Suriah, berkeliaran di reruntuhan.

Beberapa turis Suriah telah berkunjung di hari yang lebih baik. Bagi mahasiswa teknik komunikasi Fares Mardini, ini adalah pertama kalinya.

“Saya akhirnya datang, dan saya melihat begitu banyak kehancuran. Itu sesuatu yang sangat menjengkelkan,” katanya. “Saya berharap itu dapat dipulihkan dan kembali seperti semula.”

Pada tahun 2019, pakar internasional yang diselenggarakan oleh UNESCO, badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengatakan studi terperinci perlu dilakukan sebelum memulai restorasi besar.

Youmna Tabet, spesialis program di Pusat Warisan Dunia UNESCO di unit negara-negara Arab, mengatakan pekerjaan restorasi seringkali melibatkan pilihan yang sulit, terutama jika tidak ada cukup bahan asli untuk membangun kembali.

"Apakah layak untuk membangunnya kembali dengan keaslian yang sangat sedikit atau haruskah kita lebih fokus untuk memiliki dokumentasi 3D tentang bagaimana itu?" ujarnya.
Korban Perang Suriah: Situs Warisan Dunia Itu Menanti Restorasi

Misi ke situs tersebut pada awalnya tertahan oleh masalah keamanan, termasuk ranjau darat yang harus dibersihkan. Sel-sel IS masih sesekali melakukan serangan di daerah tersebut.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3107 seconds (0.1#10.140)