Melihat dari Dekat Distribusi Makanan Jemaah Haji, Pakai Lemari Penghangat Agar Rasa Tetap Terjaga

Kamis, 01 Juni 2023 - 10:44 WIB
loading...
Melihat dari Dekat Distribusi Makanan Jemaah Haji, Pakai Lemari Penghangat Agar Rasa Tetap Terjaga
Distribusi makanan untuk jemaah haji mendapat perhatian khusus dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Foto/MPI/Sucipto
A A A
MADINAH - Distribusi makanan untuk jemaah haji mendapat perhatian khusus dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Selain harus tepat waktu, kualitas dan cita rasa juga harus tetap dijaga.

Dari pantauan di Hotel Al Madinah Orjawan, pendistribusian makan untuk jemaah haji dilakukan sekitar satu jam sebelum tiba waktu makan.

Dari dapur katering, makanan yang telah dimasak dimasukkan ke dalam lemari penghangat. Tujuannya agar makanan tetap fresh dan hangat.

Selain menyediakan makan utama dengan menu ayam, disajikan pula air mineral dan buah jeruk. Selanjutnya, buah-buahan dan air mineral tersebut dibagikan berdasarkan jumlah rombongan.

Selanjutnya, perwakilan tiap-tiap rombongan mengambil jatah makan yang telah disediakan dengan terlebih dahulu melapor kepada penanggung jawab distribusi.

Jemaah haji Kloter 1 Kabupaten Bengkalis, Riau, Adnan Bin Yahya (70) mengaku, puas dengan makanan yang disajikan. Selain menunya bervariasi juga rasanya yang enak di lidah.

"Makanannya enak, lauk, dan sayurnya juga enak. Banyak makanannya, sampai saya enggak habis," kata Adnan, Rabu (31/5/2023).

Baca: Arab Saudi Pantau Kesehatan Jemaah Haji di 14 Pintu Masuk

Adnan menuturkan, mendapat tiga kali makan dalam sehari dengan menu yang berbeda-beda sekaligus dilengkapi dengan buah-buahan. "Sekarang buahnya jeruk. Biasanya ganti-ganti kadang pisang, apel, dan buah pir dan sebagainya," tuturnya

Adnan menyukai menu makanan yang disajikan oleh PPIH sebab, rasa makanan yang disajikan bisa diterima karena hampir sama dengan masakan di rumah. "Alhamdulillah, makanan yang dikasih sesuai selera, enak, cocok dilidah. Kayak masakan di rumah," ujarnya.

Untuk diketahui selama sembilan hari jemaah akan mendapat tiga kali makan sehari. PPIH Arab Saudi telah menjalin kontrak kerja sama dengan 21 dapur/perusahaan katering di Madinah.

Sebanyak 2,7 juta boks katering disiapkan untuk 100.000 jemaah gelombang pertama. Jumlah katering lebih besar akan disiapkan pada fase kedatangan jemaah haji gelombang kedua, setelah puncak haji.

Sehingga, diperkirakan total boks konsumsi jemaah haji yang disiapkan di Madinah selama musim haji sekitar 5,7 juta.

Selain itu, jemaah juga akan mendapatkan konsumsi pada saat kedatangan di Arab Saudi atau saat akan pulang ke Tanah Air. Setiap jadwal makan, disiapkan juga air mineral.

Untuk sarapan, dibagikan minuman satu kemasan botol 330 ml. Sementara saat makan siang dan malan malam, dibagikan satu kemasan botol 660 ml. Menu makan yang disajikan seluruhnya dimasak dengan cita rasa Nusantara.

(hab)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5035 seconds (0.1#10.140)