Libur Panjang dan Ramadhan, Wisata di Subang Dipadati Pelajar

Sabtu, 04 Juni 2016 - 13:23 WIB
Libur Panjang dan Ramadhan, Wisata di Subang Dipadati Pelajar
Libur Panjang dan Ramadhan, Wisata di Subang Dipadati Pelajar
A A A
SUBANG - Menjelang pelaksanaan libur panjang sekolah yang bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan, beberapa destinasi wisata di Kabupaten Subang, dipadati ribuan pengunjung, terutama pelajar.

Mereka berdatangan menggunakan kendaraan bus khusus pariwisata dari berbagai daerah di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten, dengan tujuan rekreasi dan wisata sambil belajar.

Di lokasi wisata alam dan pemandian air panas Sari Ater Kecamatan Ciater, Subang, misalnya, dalam sepekan terakhir, jumlah wisatawan yang berkunjung diperkirakan mencapai puluhan ribu orang.

"Seminggu terakhir ini, pengunjung yang datang terus bertambah, kebanyakan rombongan anak-anak sekolah SD dan SMP dari berbagai daerah, seperti Tangerang, Sukabumi, Bogor, Bekasi, Jakarta, dan sekitarnya,"ujar Public Relations Manager PT Sari Ater Hotel & Resort, H Yuki Azuania, Sabtu (4/6/2016).

Lonjakan pengunjung ini, lazim terjadi setiap menjelang dan memasuki masa liburan panjang sekolah. Jumlahnya bisa mencapai ribuan orang per hari.

"Sepekan ini, lonjakan pengunjung bisa puluhan ribu orang. Sebab, setiap harinya, mereka yang datang rata-rata sekitar 5.000 orang lebih. Dengan konsep wisata edukatif, yang menawarkan liburan baik dan sehat ini, kami yakin, pengunjung terus bertambah," tuturnya.

Selain berendam di kolam pemandian air panas alami, rombongan pelancong dari kalangan pelajar ini, biasanya mengagendakan rekreasi alami.

Seperti, tadabbur alam, rekreasi terbuka, hingga permainan-permainan rekreatif lainnya, yang disediakan oleh pengelola wisata.

Yuki menyebut, selain menghadapi momen libur panjang sekolah, pengelola wisata juga berbenah untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, dengan menyiapkan konten serta kegiatan bernuansa khas puasa, yang bisa dinikmati pengunjung.

Di antaranya, ngabuburit spesial, yang diisi beragam kegiatan di areal wisata, seperti flying fox, panahan, mancing, dan ATV adventure atau jelajah alam.

Untuk melengkapi suasana ramadhan, pengelola juga menyiapkan kegiatan-kegiatan religius lainnya, seperti buka bersama, takjil gratis, santunan anak-anak yatim piatu, tadarus Alquran, hingga pengajian rutin.

"Di areal wisata kami, ada sekitar 13 kolam rendam hangat dan panas, 30 bangunan camping park, puluhan bungalow, dan berbagai fasilitas serta spot-spot rekreasi lainnya, yang bisa dinikmati para wisatawan," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7782 seconds (0.1#10.140)