Benarkah Sebuah Keluarga Bisa Bersatu Lagi di Akherat Kelak?

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:39 WIB
loading...
Benarkah Sebuah Keluarga Bisa Bersatu Lagi di  Akherat Kelak?
Pasangan keluarga yang taat kepada Allah SWT akan dipertemukan kembali di akherat atau di surga kelak. Foto ilustrasi/ist
A A A
Benarkah pasangan keluarga mukmin akan dipertemukan kembali di surga? Apakah pasangan di dunia juga akan menjadi pasangannya di surga ? Bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut serta dalil-dalilnya?

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menciptakan laki-laki dan perempuan sebagai pasangan. Jika keduanya sepakat hubungannya disyari'atkan dalam pernikahan, maka Allah meniupkan keridhaan bagi keduanya untuk saling menerima keputusan-Nya. Dari keduanya, jika Allah Ta'ala berkehendak, maka akan dianugerahi rezeki barupa anak dan keturunannya.

Dalam buku Shifat Az-Zauj Ash-Salih wa Az-Zaujah Ash Shalihah karya Syaikh Muhammad Mutawalli Asy-Sya'rawi, disebutkan bahwa perasaan yang Allah ciptakan dalam diri seorang manusia yang bertemu dengan kekasihnya, maka sesuai dengan syari'at Allah adalah perasaan kasih sayang. Namun jika kebencian yang timbul diantara keduanya, maka itu bukan berasal syari'at Allah. Pasti ada campur tangan Iblis dan setan yang memengaruhinya dan menjerumuskannya.

Lantas, bagaimana dengan pendapat yang mengatakan bahwa sebuah keluarga orang mukmin yang penuh dengan kasih sayang selama di dunia, akan bisa bertemu dan berkumpul lagi di Surga?



Sebagian ulama mengatakan semuanya menjadi urusan dan wewenang Allah Yang Maha Mengatur untuk menentukannya. Namun, mayoritas ulama membenarkan bahwa sebuah keluarga yang hidup dalam ketaatan di dunia,.akan bisa berkumpul kembali di Surga.

Menurut Syaikh Abul Azis bin Bas Rahimahullah, Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan apa-apa yang diberikan kepada para hamba-Nya di Surga sesuai keinginan-Nya. Dan para penduduk Surga mendapatkan kenikmatan apa saja yang mereka inginkan.

Dan yang zahir dari dalil-dalil mengenai Surga, bahwa seorang lelaki jika meminta dikumpulkan bersama istrinya ketika dunia, yang ia cintai ketika di dunia, maka akan diberikan.

Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

لَهُمْ فِيْهَا فَا كِهَةٌ وَّلَهُمْ مَّا يَدَّعُوْنَ


"Di Surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa saja yang mereka inginkan." (QS. Ya-Sin : 57)

Di ayat yang lain, Allah Ta'ala berfirman :

لَهُمْ مَّا يَشَآءُوْنَ فِيْهَا وَلَدَيْنَا مَزِيْدٌ


"Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki, dan pada Kami ada tambahannya." (QS. Qaf : 35)

Syaikh bin Baz menjelaskan, jika sang suami menginginkan dan meminta dikumpulkan denan istrinya di surga, maka Allah Subhanahu waTa’alaakan memberikannya apa yang mereka inginkan, dan memberikan apa yang mereka minta.

Beberapa ulama juga sepakat bahwa seorang istri akan bersatu kembali dengan suami dan keluarganya di Surga. Bahkan bersama-sama anak keturunannya baik laki-laki dan perempuan selama mereka beragama Islam (mentauhidkan Allah)

Allah Ta’ala mempertegas dalam firmanNya :

وَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَا تَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِاِ يْمَا نٍ اَلْحَـقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَاۤ اَلَـتْنٰهُمْ مِّنْ عَمَلِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ ۗ كُلُّ امْرِئٍ بِۢمَا كَسَبَ رَهِيْنٌ


"Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam Surga), dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya." (QS. At-Tur : 21)

Allah menceritakan diantara doa malaikat pemikul ‘Arsy :
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6687 seconds (0.1#10.140)