5 Negara yang Mengoperasikan Jet Tempur F-16 Terbanyak, 2 di Antaranya Anggota NATO

Senin, 29 Mei 2023 - 20:07 WIB
loading...
5 Negara yang Mengoperasikan Jet Tempur F-16 Terbanyak, 2 di Antaranya Anggota NATO
Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara AS hendak lepas landas. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Terdapat sedikitnya lima negara yang mengoperasikan jet tempur F-16 terbanyak di dunia. Beberapa di antaranya adalah anggota NATO.

Belakangan, jet tempur F-16 tengah menjadi perbincangan hangat. Terlebih setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan izin kepada negara lain yang ingin mengirim F-16 untuk Ukraina.

Melihat riwayatnya, F-16 ini adalah jet tempur produksi Lockheed Martin. Tak hanya AS saja, penggunanya juga cukup banyak di dunia. Tak terbatas untuk anggota NATO, tetapi juga negara-negara lain di luar sana.

Melansir data Statista, berikut lima negara yang mengoperasikan jet tempur F-16 terbanyak di dunia.

Operator Jet Tempur F-16 Terbanyak

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat menjadi negara yang memiliki F-16 terbanyak. Melihat latar belakangnya, F-16 dibangun berdasarkan perjanjian antara AS dengan mitra NATO-nya seperti Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia.

Mengutip laman Airforce, angkatan bersenjata Amerika Serikat sendiri telah banyak menerima berbagai varian dari jet tempur F-16 dari Lockheed Martin. Sejak September 2001, F-16 telah menjadi komponen utama dari persenjataan AS.

Menurut data Statista, per 2022 lalu Amerika Serikat memiliki sekitar 936 unit aktif dari F-16. Hal ini menjadikannya sebagai pemilik terbanyak jet tempur tersebut di antara negara lainnya.

2. Turki


Berikutnya adalah Turki. Negara ini menjadi salah satu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

Menurut data Statista, Turki memiliki sekitar 243 jet tempur F-16. Angka tersebut menempatkannya sebagai salah satu yang terbesar setelah Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)