Mobil Listrik BMW Saloon 5 Ini Bisa Dikemudikan dengan Lirikan Mata, Harganya Rp926,4 Juta

Minggu, 28 Mei 2023 - 11:54 WIB
loading...
Mobil Listrik BMW Saloon 5 Ini Bisa Dikemudikan dengan Lirikan Mata, Harganya Rp926,4 Juta
Pabrikan otomotif Jerman BMW meluncurkan mobil listrik Saloon Seri 5 yang bisa dikemudikan hanya dengan mengubah pandangan mata. Foto/BMW/Daily Mail
A A A
BERLIN - Pabrikan otomotif Jerman BMW meluncurkan mobil listrik Saloon Seri 5 yang bisa dikemudikan hanya dengan mengubah pandangan mata. Saloon Seri 5 BMW ini dibanderol sekitar 50.000 poundsterling atau sekitar Rp926,4 juta.

Jadi bagi Anda yang malas mengubah jalur ketika berkendara, BMW Saloon Seri 5 bisa jadi pilihan. Mobil ini dilengkapi teknologi memungkinkan mengubah jalur hanya dengan melihat kaca spion.

Misalnya saat ada mobil di depan melaju terlalu lambat, pengemudi bisa mendahului setelah melihat kaca spion kondisi jalan aman dan memungkinkan untuk take over. Setelah tanda konfirmasi ini diterima, kendaraan mengambil alih gerakan kemudi yang diperlukan secara otomatis dan berpindah jalur.



BMW mengatakan ini merupakan fitur pertama di dunia yang digunakan pada 5 Series Saloon, yang disebut Active Lane Change Assistant. Fungsi fitur ini untuk mengotomatiskan berkendara dan menciptakan kondisi fungsionalitas yang luar biasa.

“Fitur kenyamanan ini sekarang mencapai tingkat interaksi baru antara pengemudi dan kendaraan,” keterangan BMW dalam sebuah pernyataan dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Minggu (28/5/2023).

Fitur Active Lane Change Assistant atau Asisten Perubahan Jalur Aktif bersifat opsional, sehingga dapat dihidupkan dan dimatikan. Fitur ini hanya bekerja dengan kecepatan hingga 85 mil per jam atau sekitar 136 km per jam.

Teknologi tersebut memberikan peringatan visual pada layar di belakang kemudi ketika menyarankan perubahan jalur. Kemudian, pengemudi dapat memutuskan apakah akan menerimanya atau tidak dengan melihat kaca spion.



Mobil dilengkapi dengan kamera di belakang kemudi yang memantau pandangan pengemudi. Tidak jelas apa yang terjadi ketika pengemudi ingin melirik kaca spion tetapi menolak saran AI untuk berpindah jalur saat fitur diaktifkan.
Mobil Listrik BMW Saloon 5 Ini Bisa Dikemudikan dengan Lirikan Mata, Harganya Rp926,4 Juta


Pada kecepatan di bawah 85 mil per jam, sopir juga dapat melepaskan tangan dari kemudi selama mereka mengawasi lalu lintas dengan cermat. Selain Active Lane Change Assistant, BMW membanggakan sejumlah inovasi digital pada mobil baru yang akan dirilis Oktober 2023.

BMW mengatakan kokpit mobil baru memiliki jumlah tombol dan kontrol yang lebih sedikit, dicapai dengan fungsi digitalisasi yang konsisten. Sementara roda kemudi telah didesain ulang dengan umpan balik haptic pada panel kontrol.

Haptics memberikan sensasi sentuhan seperti getaran saat pengguna menekan dengan jari mereka, seperti pengontrol video game. Saloon Seri 5 hadir dengan dua layar untuk pengemudi, satu Layar Informasi 12,3 inci yang menyediakan statistik seperti kecepatan dan pengisian baterai dan Layar Kontrol 14,9 inci.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)