4 Efek Samping Vertigo yang Berdampak Bahaya bagi Tubuh, Waspada!

Minggu, 28 Mei 2023 - 08:18 WIB
loading...
4 Efek Samping Vertigo yang Berdampak Bahaya bagi Tubuh, Waspada!
Vertigo memiliki efek berbahaya bagi tubuh yang tak banyak disadari orang. Foto Ilustrasi/Pinterest
A A A
JAKARTA - Vertigo memiliki efek berbahaya bagi tubuh yang tak banyak disadari orang. Vertigo merupakan sensasi gerak seolah-olah pandangan berputar sehingga menyebabkan rasa pusing pada penderitanya.

Vertigo tidak sama dengan sakit kepala ringan. Vertigo disebabkan oleh dua hal. Pertama karena masalah pada telinga bagian dalam, yang disebut vertigo perifer. Kedua vertigo sentral, yang disebabkan oleh masalah di otak, biasanya pada otak bagian belakang.

Efek samping vertigo memiliki dampak yang berbahaya bagi keselamatan maupun tubuh. Efek samping bahaya vertigo akan bergantung dari penyakit yang mendasarinya. Berikut di antaranya.


1. Bahayakan Diri dan Orang Lain

Vertigo dapat memiliki efek samping yakni meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara. Penderita vertigo akan merasa sensasi pusing saat berkendara. Saat vertigo sedang kambuh, sebaiknya penderita tidak untuk mengendarai kendaraan apa pun, guna menghindari bahaya dari orang lain maupun diri sendiri.

2. Ganggu Pendengaran

Kedua, yakni dapat mengganggu pendengaran. Vertigo dapat terganggu pendengaran penderitanya karena terganggu keseimbangan yang ada di telinga. Telinga pendengar akan sering berdengung, bahkan hilang pendengarannya.


3. Tanda-Tanda Stroke

Efek samping pada vertigo yang ketiga juga menjadi tanda penyakit stroke atau masalah lain pada otak. Vertigo bisa menjadi tanda dari gangguan sistem saraf, salah satunya stroke.

4. Cacat Permanen

Vertigo juga dapat menyebabkan kecacatan permanen dan bahkan mengancam nyawa. Beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh yakni memiliki penglihatan ganda, kesulitan berbicara/cadel, mati rasa pada wajah, kecanggungan, hingga terjatuh.

Salah satu hal yang perlu diketahui, vertigo bukan penyakit berbahaya, melainkan kondisi tubuh yang sedang mengalami beberapa gejala dari sebuah penyakit yang diderita. Akan tetapi, kita juga harus waspada terhadap efek sampingnya.

Vertigo bisa diobati untuk mengurangi efek sampingnya. Perawatan untuk penderita vertigo bisa berbaring diam pada ruangan yang sunyi dan gelap untuk meredakan rasa mual serta sensasi berputar.

Penderita vertigo harus menghindari stres akibat kecemasan. Jika efek sampingnya masih parah, penderita bisa meminum obat dan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai. MG/Ayu Yunita Rahmawati
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5285 seconds (0.1#10.140)