BPCB Datangi Lokasi Penemuan Benda Kuno Diduga Peninggalan Majapahit

Jum'at, 20 Mei 2016 - 20:53 WIB
BPCB Datangi Lokasi Penemuan Benda Kuno Diduga Peninggalan Majapahit
BPCB Datangi Lokasi Penemuan Benda Kuno Diduga Peninggalan Majapahit
A A A
JOMBANG - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan mendatangi lokasi penemuan berbagai benda purbakala di Petilasan Damarwulan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (20/5/2016).

Sejumlah petugas dari BPCB Trowulan mendatangi Petilasan Damarwulan di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jatim. Area petilasan tersebut kini sudah rusak karena sebagian lahannya akan dijadikan kolam pancing.

Namun, di antara gundukan tanah bekas galian, petugas masih dapat menemukan banyak sekali puing bangunan batu bata kuno dari zaman Majapahit, termasuk di antaranya sebuah patung tanpa kepala serta pecahan gerabah atau keramik kuno.

Dilihat dari ciri fisiknya, keramik jenis ini merupakan gerabah kuno yang dibuat oleh masyarakat lokal pada masa Majapahit dan sebagian lainnya berasal dari China saat Dinasti Ming berkuasa.

Sedangkan jika dilihat dari sangat banyaknya serpihan keramik yang ditemukan, diduga petilasan ini merupakan bekas tempat yang sangat penting, bisa tempat diselenggarakannya upacara-upacara besar atau tempat tinggal bangsawan, atau bisa juga tempat tinggal keluarga raja atau mungkin raja itu sendiri.

Atas rusaknya situs dan berbagai benda cagar budaya tersebut, BPCB Trowulan meminta Pemerintah Kabupaten Jombang segera menghentikan tindakan kepala Desa Sudimoro yang akan menyulap area Petilasan Damarwulan menjadi kolam pancing.

Sebab, dikhawatirkan di dalam tanah petilasan masih banyak harta benda atau benda cagar budaya lain yang masih terpendam.

"Apalagi, status tanah yang menjadi area petilasan ini adalah milik negara," ujar Kepala BPCB Trowulan Andi M Said.

Diberitakan sebelumnya, warga Jombang, Jawa Timur, heboh setelah penemuan benda-benda kuno yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Benda-benda kuno itu berupa patung, gerabah kuno, batu bata kuno, dan uang koin kuno.

Penemuan berbagai benda yang diduga bekas bangunan kuno atau semacam candi di area Petilasan Damarwulan di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh ini menarik perhatian warga di Kabupaten Jombang sejak sepekan terakhir. (Baca juga: Benda Kuno Diduga Peninggalan Majapahit Hebohkan Warga Jombang).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0945 seconds (0.1#10.140)