Tesla Model Y Mobil Terlaris di Dunia, Kuartal Pertama Terjual 267.200 Unit

Kamis, 25 Mei 2023 - 23:48 WIB
loading...
Tesla Model Y Mobil Terlaris di Dunia, Kuartal Pertama Terjual 267.200 Unit
Untuk pertama kalinya, mobil listrik murni berada di puncak peringkat penjualan global. Tesla Model Y menjadi mobil listrik pertama yang memimpin penjualan global selama satu periode. Foto/insideevs
A A A
CALIFORNIA - Untuk pertama kalinya, mobil listrik murni berada di puncak peringkat penjualan global. Tesla Model Y menjadi mobil listrik pertama yang memimpin penjualan global selama satu periode.

Menurut data JATO yang dikumpulkan untuk Motor1, Model Y adalah mobil listrik pertama yang memimpin penjualan global selama satu periode. Tesla Model Y adalah mobil terlaris di dunia pada kuartal pertama tahun ini.

“Ini adalah berita penting bagi industri otomotif. Tesla menjadi mobil paling laris untuk 53 pasar di seluruh dunia,” keterangan laman Insideevs, Kamis (25/5/2023).



Tesla Model Y menjadi mobil terlaris juga tak lepas dari pemotongan harga yang membantu mendongkrak angka penjualan Tesla di seluruh dunia. Itu adalah mobil terlaris ketiga tahun lalu, di belakang dua nama pabrikan yang sangat populer, yaitu Toyota RAV4 dan Toyota Corolla.

Data yang dikumpulkan untuk kuartal pertama menunjukkan Tesla Model Y memimpin dengan penjualan 267.200 unit. Jumlah itu meningkat sekitar 69% dari periode yang sama tahun lalu.

Menurut data dari 152 pasar, Tesla menjual 747.500 unit Model Y, meningkat 91 persen dari tahun 2021. Model Y tertinggal 244.000 unit di belakang sedan Corolla dan 268.000 unit di belakang RAV4. Kesenjangan antara kedua model mulai menyempit karena Tesla terus menurunkan harga mobilnya dan ledakan mobil listrik semakin menarik.

Model Y tampil kuat di China, pasar intinya, di Amerika Serikat yang naik 68%, dan di Eropa, di mana model ini menjadi kendaraan terlaris. Fakta ini menjadi bukti optimisme CEO Tesla Elon Musk ketika Agustus 2022 mengatakan Tesla Model Y akan menjadi kendaraan baru terlaris di dunia pada tahun 2023.



Toyota Corolla memang kalah meski angka penjualannya mencakup semua tipe bodi yang tersedia, yaitu sedan, wagon, dan hatchback. Corolla, yang telah menjadi salah satu mobil paling populer di dunia selama bertahun-tahun, membukukan tren penurunan penjualan sebanyak 256.400 unit.

Generasi Corolla saat ini dihadirkan pada Maret 2018, sedangkan Tesla Model Y memulai debutnya setahun kemudian pada Maret 2019. Kesenjangan antara keduanya tidak terlalu besar, artinya apa pun bisa terjadi pada akhir tahun.

Jumlah itu termasuk penurunan 29% di China dan penurunan 10% di Amerika Serikat. Lima besar diisi oleh tiga Toyota lainnya: Hilux, RAV4, dan Camry. Baik RAV4 dan Camry dirancang untuk pasar negara maju, sedangkan Hilux terus menjadi pilihan utama di negara berkembang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2687 seconds (0.1#10.140)