Doa-doa Rasulullah SAW Ketika Menjenguk Orang Sakit

Kamis, 25 Mei 2023 - 12:23 WIB
loading...
Doa-doa Rasulullah SAW Ketika Menjenguk Orang Sakit
Doa doa pendek ini dibacakan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika menjenguk sahabatnya yang sedang sakit, doa Rasulullah ini bisa kita amalkan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Selain berdoa untuk kesembuhan diri sendiri, ada beberapa riwayat yang menjelaskan doa-doa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi orang sakit. Diringkas dari kitab 'Fiqhul Ad’iyati wal Adzkâr, 3/219-223' inilah beberapa doa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dibacakan ketika mengunjungi orang yang sakit, di antaranya :

لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ


"Tidak mengapa, insya Allâh sakitmu ini membuat dosamu bersih"

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ وَاشْفِهِ وأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا


"Wahai Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi"

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ


"Aku mohon kepada Allâh Yang Maha Agung, Rabb yang menguasai Arsy yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu"

الَّلهُمَّ اشْفِ فُلاَنًا


Ya Allâh ! Berikah kesembuhan kepada …… (sebut namanya)

Disunnahkan bagi orang yang mengunjungi orang sakit untuk (memberikan ucapan-ucapan yang bisa) mendatangkan ketenangan, meringankan beban penyakit yang dideritanya, bisa mengingatkan akan pahala dari Allâh Azza wa Jalla dan mengingatkan bahwa penyakit itu bisa menjadi penghancur dosa.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)