13 Titik Panas Muncul di Sumatera, Riau Mendominasi

Sabtu, 07 Mei 2016 - 11:41 WIB
13 Titik Panas Muncul di Sumatera, Riau Mendominasi
13 Titik Panas Muncul di Sumatera, Riau Mendominasi
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan kembali melanda berbagai provinsi di Pulau Sumatera. Terdeteksi hari ini ada 13 titik panas (hot spot).

Dari 13 titik itu di Sumatera, Provinsi Riau mendominasi dengan jumlah 10 hot spot. Titik panas terbanyak berada di Kabupaten Siak dengan jumlah 5 titik.

"Kemudian di Kabupaten Pelalawan ada 4 titik dan di Bengkalis ada 1 titik," kata staf analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Slamet Riyadi Sabtu (7/5/2016).

Padahal secara umum, saat ini Propinsi Riau memasuki musim penghujan. Namun kondisi cuaca ternyata tidak membuat kebakaran hutan dan lahan di Riau hilang.

Kondisi cuaca di Riau membuat jarak pandang di berbagai daerah di Riau terganggu. Kabupaten Inhu, Pelalawan, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru jarak pandang (visibility) menjadi kabur.

"Secara umum cuaca di Propinsi Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang yang disertai angin kencang dan petir di Riau bagian utara, tengah dan pesisir. Potensi hujan terjadi pada sore dan malam hari," ucapnya.

Sementara berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua, titik panas menyebar di provinsi lain yakni propinsi tetangga Riau, Jambi. Titik panas di Jambi terpantau ada 3.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8033 seconds (0.1#10.140)