Dalil Sholat 5 Waktu dalam Al-Qur'an dan Keutamaannya

Rabu, 17 Mei 2023 - 21:38 WIB
loading...
Dalil Sholat 5 Waktu dalam Al-Quran dan Keutamaannya
Suasana kaum muslim ketika sholat berjamaah di salah satu mihrab Masjidil Aqsha. Foto/ist
A A A
Sholat 5 waktu merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya oleh Allah. Ibadah ini memiliki keutamaan besar dan menjadi amal yang pertama dihisab pada Hari Kiamat.

Perintah mengerjakan sholat 5 waktu ini secara tegas disebutkan dalam Al-Qur'an. Allah berfirman:

حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ

Artinya: "Peliharalah semua salat (fardhu) dan salat Wustha) Berdirilah karena Allah (dalam salat) dengan khusyuk." (QS Al-Baqarah ayat 238)

Mengutip keterangan Ustaz M Ishom el Saha, Dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang di laman Kemenag, meski ayat ini tidak menyebut secara eksplisit macam-macam sholat, tetapi para ulama sependapat bahwa yang dimaksud ialah sholat lima waktu.

Berikut dalil sholat lima waktu dalam Al-Qur'an :
Pertama, Surat An-Nuur ayat 58 disebut langsung nama sholat Isya dan sholat Fajar (Subuh). Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِيْنَ مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ وَالَّذِيْنَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلٰثَ مَرّٰتٍۗ مِنْ قَبْلِ صَلٰوةِ الْفَجْرِ وَحِيْنَ تَضَعُوْنَ ثِيَابَكُمْ مِّنَ الظَّهِيْرَةِ وَمِنْۢ بَعْدِ صَلٰوةِ الْعِشَاۤءِۗ ثَلٰثُ عَوْرٰتٍ لَّكُمْۗ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌۢ بَعْدَهُنَّۗ طَوَّافُوْنَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلٰى بَعْضٍۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah hamba sahaya (laki-laki dan perempuan) yang kamu miliki dan orang-orang yang belum balig (dewasa) di antara kamu meminta izin kepada kamu tiga kali, yaitu sebelum salat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)-mu di tengah hari, dan setelah salat Isya. (Itu adalah) tiga (waktu yang biasanya) aurat (terbuka) bagi kamu). Tidak ada dosa bagimu dan tidak (pula) bagi mereka selain dari (tiga waktu) itu. (Mereka) sering keluar masuk menemuimu. Sebagian kamu (memang sering keluar masuk) atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat kepadamu. Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana." (QS An-Nur ayat 58)

Kedua, dalam Surat Qaaf ayat 39-40 disebut waktu-waktu sholat yaitu (1) Sebelum terbit matahari yakni salat Subuh (2) Sebelum terbenam matahari yaitu salat Zuhur dan Asar dan (3) Pada waktu malam hari yaitu Maghrib dan Isya. Firman Allah:

فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوْبِ ۚ

Artinya: "Maka, bersabarlah engkau (Nabi Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah seraya bertahmid (memuji) Tuhanmu sebelum terbit dan terbenamnya matahari." (Surat Qaf ayat 39)

وَمِنَ الَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَاَدْبَارَ السُّجُوْدِ

Artinya: "Bertasbihlah pula kepada-Nya pada sebagian malam hari dan setiap selesai salat." (QS Qaf ayat 40)

Ketiga, Surat Al-Isra' ayat 78 disebut perintah mendirikan salat dimulai dari waktu tergelincirnya matahari (duluukis-syams) sampai waktu gelapnya malam (ghasyaqil-lail) serta pada waktu yang bersamaan dengan terbitnya fajar (qur'aanal-fajr). Berikut firman-Nya:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya: "Dirikanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh! Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh Malaikat)." (QS Al-Isra ayat 78)

Keempat, Surat ar-Ruum ayat 17-18 disebut berangkaian salat di waktu petang (hiina tumsuun), di waktu pagi (hina tusbihuun), di waktu sore ('asyiyyan), serta di waktu luhur (hiina tuzdhiruun). Allah berfirman:

فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ

Artinya: "Bertasbihlah kepada Allah ketika kamu berada pada waktu senja dan waktu pagi. (Ar-Rum ayat 17)

وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَعَشِيًّا وَّحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ

Artinya: "Segala puji hanya bagi-Nya di langit dan di bumi, pada waktu petang dan pada saat kamu berada pada waktu siang)." (QS Ar-Rum ayat 18)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)