alexa snippet

7 Aktivis Mahasiswa Mogok Makan Tuntut Rini Soemarno Dipecat

7 Aktivis Mahasiswa Mogok Makan Tuntut Rini Soemarno Dipecat
Demo aktivis Panama (foto:Sahid/Koran Sindo)
A+ A-
YOGYAKARTA - Aksi mogok makan total tujuh aktivitas mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Aksi Nasional Mahasiswa (Panama) terus berlanjut. Dalam aksinya, mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kawan-kawan tetap bertekad akan terus melanjutkan aksi mogok makan sampai Rini Soemarno dipecat dan ditangkap," kata Koordinator Aksi Panama Hilman, di Yogyakarta, Kamis (14/4/2016).

Hilman mengungkapkan, berdasarkan data dan informasi yang didapat, tercatat Rp67,4 miliar uang yang dimiliki Rini Soemarno tersimpan di rekening dengan status bebas pajak (tax haven). Bahkan, Hilman percaya jumlah itu masih terlalu kecil.

"Karena itu, kami meminta dengan hormat agar Bapak Presiden Joko Widodo memecat Rini Soemarno dari posisinya sebagai Menteri. Kami tidak rela pemerintahan Jokowi dikotori oleh pejabat yang terlibat skandal kejahatan keuangan," katanya.

Hilman menegaskan, Panama siap melakukan aksi besar-besaran, pada 2 Mei nanti, bertepatan dengan peringatan hari Pendidikan Nasional. Hilman mengaku sudah melakukan konsolidasi dengan mahasiswa di 45 kota dari 178 kampus.

"Dan kami siap untuk masuk ke Jakarta serentak untuk aksi besar-besaran pada 2 mei 2016 nanti. Kami berharap Bapak Presiden Joko Widodo memecat dan menangkap Rini Soemarno paling lambat menjelang tanggal 2 mei 2016 nanti," paparnya.

Panama juga meminta Jokowi membawa kembali uang sejumlah Rp11.400 triliun yang tercatat dalam dokumen Panama Papers, karena uang itu berasal dari Indonesia.

"Kewajiban pajak atas uang Rp11.400 triliun itu bisa digunakan untuk kesejahteraan rakyat, untuk membangun sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya untuk rakyat," tegasnya.



(san)
views: 3.986
loading gif
Top