1.150 Pasukan TNI Disiapkan Bantu Pemadaman Kebakaran Lahan di Riau

Rabu, 16 Maret 2016 - 14:35 WIB
1.150 Pasukan TNI Disiapkan Bantu Pemadaman Kebakaran Lahan di Riau
1.150 Pasukan TNI Disiapkan Bantu Pemadaman Kebakaran Lahan di Riau
A A A
PEKANBARU - Sebanyak 1.150 pasukan TNI disiapkan untuk membantu pemadaman di sejumlah wilayah di Riau yang terbakar. Jumlah ini diluar dari ribuan personel di kesatuan wilayah seperti Kodim dan polres masing-masing.

Komandan Satuan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Riau wilayah darat, Brigjen TNI Nurendi menegaskan bahwa pasukan ini sudah siap untuk dikirim ke wilayah jika diperlukan.

Penyiapan seribuan pasukan ini dintandai dengan apel persiapan penanggulangan kebakaran yang digelar hari ini yang Kompleks Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Pasukan sebanyak 1.150 personel ini kita siagakan di Pekanbaru. Kekuatan pasukan pemadaman ini belum termasuk personel ditingkat Kodim untuk kesatuan TNI dan polres untuk kesatuan polisi," kata Nurendi yang juga menjabat Komandan Korem 031/Wira Bima Pekanbaru, (16/3/2016).

Dia merincikan pasukan pemadam kebakaran hutan dan lahan itu berasal dari berbagai kesatuan. Kalau di TNI AD yakni dari kesatuan Arhanud, seperti Kompi Baterai P, Baterai Q dan Baterai R.

Ada juga dari kesatuan Infantri 132/Salo di Kabupaten Kampar, pasukan Kaveleri dan lainnya. Sementara dari TNI AU disiapkan pasukan dari Paskhas (Pasukan Khas) Pulang Geni.

"Selain daru TNI Polri, disiagakan juga dari Manggala Agni dan BPBD. Kita rasa pasukan ini sudah cukup untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," tukasnya.

Sementara untuk penegakan hukum untuk pembakar lahan dan hutan, diserahkan kepada pihak kepolisian yang dikomandoi, Kapolda Riau,Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5940 seconds (0.1#10.140)