Jago Merah Mengamuk, Belasan Kios di Pasar Johar Semarang Ludes

Minggu, 28 Februari 2016 - 02:09 WIB
Jago Merah Mengamuk, Belasan Kios di Pasar Johar Semarang Ludes
Jago Merah Mengamuk, Belasan Kios di Pasar Johar Semarang Ludes
A A A
SEMARANG - Belasan kios yang berada di dua blok Pasar Yaik Permai Johar, Semarang, Jawa Tengah, hangus dilalap si jago merah tadi malam. Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan belasan kios tersebut.

Ketua Paguyuban Pasar Yaik Baru Satiman mengatakan, penyebab kebakaran kali ini belum diketahui. Ada informasi bahwa kebakaran berasal dari korsleting arus pendek listrik.

"Namun apakah benar seperti itu, masih belum jelas," kata Satiman, Sabtu 27 Februari 2016 tadi malam. Menurut Satiman, akibat kebakaran ini belasan kios di dua blok terbakar.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menambahkan, telah menginstruksikan Dinas Pasar untuk segera melakukan inventarisir jumlah kios yang terbakar dan siapa saja pemiliknya. "Kita sedang data jumlah kios yang terbakar. Setelah itu baru memberikan langkah strategis untuk membantu pedagang. Untuk yang pertama ini, kami bantu dari dapur umum dan mengevakuasi barang dagangan yang selamat," kata Hendar di lokasi kejadian.

Sementara untuk jangka panjang, Pemkot Semarang melalui Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu untuk menemui sejumlah bank yang memiliki sangkutan dengan pedagang. Harapannya, pihak bank mau memberikan keringanan paling tidak penundaan pembayaran kredit pedagang.

"Kalau bisa menunda 3-6 bulan bagi pedagang yang terkena musibah, tentu akan sangat membantu," ujarnya. Untuk diketahui sekitar pukul 20.15 WIB tadi malam, Pasar Johar Semarang terbakar.

Salah satu pedagang Ubay (20) mengatakan, melihat ada asap dari salah satu kios baju di bagian tengah pasar. Kemudian bersama sejumlah pedagang lain dirinya menelusuri titik api itu dan menemukan api dari salah satu kios pedagang kain.

"Saya mau masuk, tapi kondisi gembokan. Kemudian kami dobrak pakai palu dan masuk toko," kata dia. Belasan mobil pemadam kebakaran dari pemkot Semarang diterjunkan ke lokasi kejadian. Sekitar pukul 23.50 WIB, si jago merah berhasil dipadamkan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4653 seconds (0.1#10.140)