Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas Sejauh 3 Km

Jum'at, 26 Februari 2016 - 16:32 WIB
Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas Sejauh 3 Km
Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas Sejauh 3 Km
A A A
KARO - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menyemburkan awan panas sejauh 3 kilometer ke arah timur dan tenggara, Jumat (26/2/2016). Luncuran awan panas terlihat dari Pos Pemantau Gunung Api Sinabung di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang berjarak 8 kilometer.

Erupsi disertai luncuran awan panas yang termasuk dalam kategori cukup besar ini dalam beberapa hari terakhir rutin terjadi. Pada umumnya terjadi lebih dari tiga kali dalam kurun waktu satu hari.

Sedangkan untuk tinggi kolom erupsi berdasarkan pengamatan petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung (PVMBG) Api Sinabung tercatat mencapai ketinggian 3.000 meter.

Menurut keterangan Petugas PVMBG di Pos Pemantau Gunung Api Sinabung Rudra Wibowo untuk total hingga siang ini pihaknya mencatat sudah terjadi dua kali erupsi. Sedangkan untuk aktivitas luncuran awan panas hingga Jumat siang telah terjadi sebanyak tiga kali.

Petugas PVMBG hingga saat ini juga masih mengimbau untuk warga yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung untuk mentiadakan segala macam aktivitas pada radius 7 kilometer yang masuk dalam zona merah.

Sejak status Gunung Sinabung ditingkatkan menjadi Awas atau level empat pada Juni 2015 lalu total warga Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang tinggal di pengungsian mencapai 9.323 jiwa.

Para pengungsi tersebut ditempatkan di sembilan tempat pengungsian yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5168 seconds (0.1#10.140)