Doa agar Kaum Muslimah Semangat Bekerja Tanpa Keluhan

Rabu, 03 Mei 2023 - 15:36 WIB
loading...
Doa agar Kaum Muslimah Semangat Bekerja Tanpa Keluhan
Kaum muslimah biasanya sering mengeluh capek atau karena pekerjaan lainnya, Nabi SAW mengajarkan sebauh doa yang bisa jadi amalan zikir agar tetap semangat dalam bekerja dan tidak berkeluh kesah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam setiap aktivitas, kita berharap mendapat balasan terbaik dari Allah Ta’ala. Namun ada kalanya kita merasa capek dan lelah dalam tugas atau bekerja, baik di kantor atau di rumah. Yang terjadi, kita sering mengeluh karena capek dan lelahnya itu.

Ketika lelah dan capek, ada doa yang bisa dijadikan zikir , agar tetap semangat dalam bekerja tanpa mengeluh itu. Doa ini dicontohkan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam kepada putri tercintanya Fatimah. Asal usul doanya sebagai berikut:

Ali bi Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu pernah menuturkan bahwa istrinya, Fatimah pernah mengeluh kepadanya. Ia merasa bahwa pekerjaan menggiling gandum dengan batu demikian berat baginya. Suatu ketika, Fatimah mendengar bahwa Rasulullah mendapat seorang budak. Fatimah pun mendatangi rumah ayahnya dalam rangka meminta budak tadi sebagai pembantu baginya. Akan tetapi Rasulullah sedang tidak ada di rumah. Fatimah lantas mendatangi ummul mukminin Aisyah dan menyampaikan hajatnya.

Ketika Rasulullah berada di rumah Aisyah, ia menceritakan hal tersebut kepada Rasulullah. Rasulullah lantas mendatangi kami (Ali dan Fatimah) saat kami telah berbaring di tempat tidur. Mulanya, kami hendak bangun untuk menghampiri beliau, namun beliau menyuruh kami tetap berada di tempat.

“Maukah kutunjukkan kalian kepada sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta?” tanya beliau.

“Jika kalian berbaring di atas tempat tidur, maka ucapkanlah takbir (Allahu akbar) 34 kali, tahmid (alhamdulillah) 33 kali, dan tasbih (subhanallah) 33 kali. Itulah yang lebih baik bagi kalian daripada pembantu yang kalian minta.” lanjut Nabi (HR. Bukhari dan Muslim).

Subhanallah, ternyata puteri tercinta Rasulullah demikian berat ujiannya. Pun begitu, beliau tak segera memenuhi keinginan puterinya tadi. Namun Nabi SAW mengajarkan sesuatu yang lebih bermanfaat baginya dari seorang pembantu. Sesuatu yang menjadikannya semakin dekat dan bertawakkal kepada Allah. Itulah wirid pelepas lelah.

Tentang doa tersebut, Ustadz Fadly Gugul, dari dewan konsultasi Bimbingan Islam menjelaskan bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah pernah mengatakan, siapa yang rajin membaca wirid atau doa tadi di waktu malam, niscaya tidak akan kelelahan. Alasannya karena Fatimah mengeluh kecapaian kepada Rasulullah, lalu Rasulullah mengarahkannya agar membaca wirid tadi.

Akan tetapi, menurut al-Hafizh Ibnu Hajar, penafsirannya tidak harus seperti itu. Hadis ini tidak berarti bahwa rasa lelah pasti hilang bila seseorang rutin membacanya." Namun boleh jadi maksudnya ialah bila seseorang rutin mengamalkannya, maka ia tidak akan terkena madharat walaupun banyak bekerja. Pekerjaan itu juga takkan terasa berat walaupun ia merasa lelah karenanya,"ujar dai, alumni ilmu hadis ini.



WallahuA'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)