Benz Victoria Phaeton, Mobil Pertama di Indonesia yang Dibuat Khusus untuk Raja Surakarta

Senin, 01 Mei 2023 - 14:23 WIB
loading...
Benz Victoria Phaeton, Mobil Pertama di Indonesia yang Dibuat Khusus untuk Raja Surakarta
Benz Victoria Phaeton, mobil Raja Surakarta. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Mobil pertama yang mengaspal di Indonesia adalah Benz Victoria Phaeton. Mobil ini dibeli Raja Kasunanan Surakarta, Pakubuwono X, seharga 10.000 Gulden, pada 1894.

Dilansir dari buku Indonesia Poenja Tjerita, mobil ini dipesan dan dibuat khusus untuk Pakubuwono X, serta inden selama satu tahun pembuatan.

"Tipe mobil yang dipesan ini memiliki banyak variasi, dan dibuat sesuai dengan permintaan Pakubuwono X," tulis laman buku itu, dikutip SINDOnews, Senin (1/5/2024).



Pakubowo memesan mobil mewah tersebut dari seorang salesman bernama John C Potter, salesman mobil pertama di Indonesia. Dia yang mengurus pengiriman mobil Raja Surakarta itu dari Eropa ke Jawa.

Uniknya, Pakubuwono X membeli mobil antiknya tersebut hanya berselang 8 tahun, sejak Karl Benz memproduksi mobil pertamanya. Dengan mobil Benz, penampilan Pakubowo X menjadi sangat anggun.

Seperti diketahui, Raja yang bertakhta selama 46 tahun, sejak 1893-1939 ini kerap tampil dengan kebesarannya.



Yang salutnya lagi, Pakubuwono X bukan hanya suka tampil dengan busana mewah lengkap dengan atribut bintang dan lambang kebesaran, dia juga dikenal sebagai Raja yang bijak.

Pada 2011, pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Pakubuwono X atas pengabdiannya tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3931 seconds (0.1#10.140)