Gelombang Tinggi Nelayan Jayapura Takut Melaut

Minggu, 14 Februari 2016 - 06:07 WIB
Gelombang Tinggi Nelayan Jayapura Takut Melaut
Gelombang Tinggi Nelayan Jayapura Takut Melaut
A A A
JAYAPURA - Arus laut yang kencang disertai gelombang yang mencapai tinggi sekitar 5 meter menyebabkan para nelayan di Jayapura, Papua selama dua minggu terakhir ini memilih untuk tidak mencari ikan di laut. Berdasarkan pengamatan sejumlah kapal nelayan terlihat berlabuh di pinggir Pasar Ikan Hamadi.

Tidak melautnya nelayan di Jayapuramenyebabkan harga ikan di Papua meningkat drastis sebelumnya harga ikan tuna Rp50.000 perekor naik menjadi Rp200.000 perekor.

Salah seorang nelayan Set May mengatakan, lautan Pasifik ini berbeda-beda kalau gelombang tinggi dan arus kencang nelayan yang sudah biasa mencari ikan lebih memilih tidak melaut karena jika nekat taruhannya adalah nyawa.

Set May menambahkan dirinya berharap Dinas Perikanan Papua agar memperhatikan keselamatan dari pada nelayan.

Karena pada saat arus kencang seperti saat ini nelayan yang hendak mencari ikan menjadi takut karena mereka tidak dibekali dengan alat bantu renang seperti pelampung. Di Perairan Papua sendiri arus dan gelombang laut sangat sulit diprediksi dan dapat berubah setiap saat.

Kejadian seperti ini sering terjadi di mana nelayan yang nekat melaut mengalami musibah ada yang hilang sampai tewas diterpa gelombang.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8057 seconds (0.1#10.140)