Sarapan Tongkol, Santri Keracunan

Jum'at, 12 Februari 2016 - 16:46 WIB
Sarapan Tongkol, Santri Keracunan
Sarapan Tongkol, Santri Keracunan
A A A
SLEMAN - Santri penghafal Alquran dari Pondok Pesantren Yatim Nurani Insani, Balecatur, Gamping Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami keracunan. Mereka dilarikan ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah II Gamping, Sleman, Jumat (12/2/2016).

Manajer Pelayanan Perawatan RS PKU Muhammadiyah II Gamping, Slemen Arif Priyanto mengatakan, ada 53 siswa (santri) yang menderita mual dan pusing. Sebagian besar sudah diperbolehkan pulang untuk menjalani rawat jalan, sementara 15 orang rawat inap.

"Mereka dari beberapa sekolah, tinggal di pondok. Pagi tadi sekitar pukul 06.00 sarapan pagi dengan ikan tongkol, mungkin dari makanan itu yang menyebabkan keracunan," katanya.

Pihaknya sudah memberi obat bagi para santri tersebut. Dalam waktu dekat, diharapkan para santri itu bisa pulih kembali seperti sediakala.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemkab Sleman. Sampel menu yang diduga sebagai penyebab keracunan sudah diambil dan sedang dalam proses laboratorium.

Pengurus pondok, Muh. Atfal Sadad mengakui hal itu. Para santri menyantap menu makanan yang sama, keluhan dan yang dirasakan juga sama, yakni mual-mual, pusing, dan merasa gatal.

"Kami akan evaluasi," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6808 seconds (0.1#10.140)