PAN Terima Pengunduran Diri Hanum Rais Putri Amien Rais

Sabtu, 29 April 2023 - 19:15 WIB
loading...
PAN Terima Pengunduran Diri Hanum Rais Putri Amien Rais
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (kanan) bersama Waketum PAN Viva Yoga Mauladi. PAN telah menerima pengunduran diri Hanum Rais dari keanggotaan PAN. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengunduran diri Hanum Rais dari anggota legislatif dan keanggotaan Partai Amanat Nasional (PAN) telah diterima DPP PAN. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan ini tengah memproses pergantian antar waktu (PAW) Hanum dari keanggotaan DPRD DIY.

"Iya, Mbak Hanum telah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota legislatif dan menyatakan berhenti dari anggota PAN, beberapa pekan lalu. DPP PAN telah mengeluarkan surat persetujuan pengunduran diri dan berhenti Mbak Hanum sebagai anggota PAN," kata Juru Bicara DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi kepada SINDOnews, Sabtu (29/4/2023).

DPP PAN, kata Yoga, juga telah memproses pergantian antar waktu (PAW) Hanum dari DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Diketahui, Hanum Salsabiela Rais, putri Amien Rais , keluar dari PAN. Hanum memilih menjadi Bacaleg dari Partai Ummat pada Pemilu 2024.



Hanum mengaku telah mengajukan surat pengunduran diri dari PAN. Menurut informasi yang dia terima, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah paham dengan posisi dirinya yang mengajukan surat pengunduran diri. "Saya sudah mengundurkan diri juga. Dengan surat resmi," ujar Hanum, Sabtu (29/4/2023).

Hanum mengakui sudah mengirimkan surat pengunduran diri tersebut sejak Ramadan lalu, yaitu sekitar 10 hari sebelum Idulfitri 1444 H. "Waktu puasa ya, kira-kira 10 hari terakhir puasa, kebetulan pas milad saya juga," terang dia.
PAN Terima Pengunduran Diri Hanum Rais Putri Amien Rais

Hanum Rais saat menghadiri acara Syawalan dan Rakerwil Partai Ummat DIY. Foto/Erfan Erlin

Dia mengaku sudah mantap untuk keluar dari PAN dan maju lagi melalui Partai Ummat. Menurutnya, langkah tersebut merupakan bentuk dari bakti dirinya kepada Amien Rais sebagai ayah kandungnya. Setelah mengaku dikeluarkan dari PAN, Amien Rais mendirikan Partai Ummat dan menjabat Ketua Majelis Syura.

Sementara, Yoga mengatakan, soal nilai-nilai perjuangan politik, sejak PAN berdiri tahun 1998 sampai 2023 ini, platform PAN dan Garis-Garis Besar Perjuangan PAN, titik komanya tidak ada yang berubah.



Mantan anggota DPR RI mengatakan, PAN adalah partai nasionalis religius, yang inklusif, menghargai nilai kemanusiaan dan keberagaman. Malah sekarang banyak kelompok masyarakat yang telah bergabung ke PAN. Bukan saja kaum profesional, tetapi juga purnawirawan TNI/Polri, intelektual, aktivis sosial, ulama dan tokoh agama," jelasnya.

"Mereka bergabung ke PAN karena merasa nyaman, senang, dan gembira di PAN. Suasana yang terbangun dalam aura yang modern, santun, dan demokratis," pungkas Yoga yang juga Wakil Ketua Umum DPP PAN.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)