PDIP Minta Tumpak-Irwansyah Tekan Angka Kemiskinan

Minggu, 07 Februari 2016 - 16:51 WIB
PDIP Minta Tumpak-Irwansyah Tekan Angka Kemiskinan
PDIP Minta Tumpak-Irwansyah Tekan Angka Kemiskinan
A A A
JAKARTA - PDIP meminta agar calon bupati Simalungun Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik bila terpilih nanti harus menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, heran atas tingginya angka pengangguran dan kemiskinan di Simalungun.
Menurut data yang ada, jumlah rumah tangga miskin hampir mencapai 50.000 KK.

Sementara pengangguran mencapai 40.000 jiwa hingga 2012. Simalungun menduduki posisi ke-15 dari 36 kabupaten/kota dalam hal indeks pembangunan manusia. Mneurut Hasto, pendidikan memegang kunci dalam mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan.

Pria kepercayaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini menuturkan, seharusnya pemerintah daerah mendorong link and match perguruan tinggi sesuai karakteristik daerah.

"Sungguh aneh bahwa selama ini hal tersebut diabaikan. Di Simalungun, ada beberapa perguruan tinggi seperti Nomensen, Universitas Simalungun (USI), Muhammadiyah dan sebagainya. Mestinya Nomensen dan Muhammadiyah itu difokuskan untuk mendongkrak kualitas pendidikan. USI fokus pada bidang pertanian dan birokrasi," kata Hasto Kristiyanto dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (7/2/2016).

Hasto mengungkapkan, pemerintah daerah harus mendorong komitmen perkebunan -perkebunan yang ada di Simalungun untuk melatih dan menerima lulusan dari perguruan tinggi yang ada.

"Saya telah memberikan arahan kepada paslon yang kami dukung, agar serius mendukung universitas yang ada di sekitar Siantar-Simalungun untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan di wilayah ini," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6736 seconds (0.1#10.140)