Startup Swiss Luncurkan Layanan Penerjemah dengan Teknologi AI, Klaim Sebagai yang Pertama di Dunia

Kamis, 27 April 2023 - 21:07 WIB
loading...
Startup Swiss Luncurkan Layanan Penerjemah dengan Teknologi AI, Klaim Sebagai yang Pertama di Dunia
Startup asal Swiss telah meluncurkan sistem penerjemah secara langsung dan real time dengan teknologi AI pertama di dunia. Foto/thenextweb
A A A
ZURICH - Startup asal Swiss telah meluncurkan sistem penerjemah secara langsung dan real time dengan teknologi AI pertama di dunia. Alat tersebut, bernama Aivia, dikembangkan oleh Interprefy, penyedia layanan penerjemah yang berbasis di Zurich.

Dalam delapan tahun sejak perusahaan didirikan, Interprefy mengatakan telah mendukung lebih dari 50.000 pertemuan. Perusahaan berfokus penerjemahan pada event pertemuan dan acara besar, mulai dari konferensi pers jarak jauh di turnamen sepak bola Euro 2020 hingga wawancara dengan astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa bisnis internasional, bahasa ini hanya digunakan oleh sekitar 17% penduduk dunia. Sisanya, berbagai bahasa lain, sering dilupakan dan Aivia dirancang untuk memperluas basis klien ini.



Dengan satu sentuhan tombol, layanan menerjemahkan ucapan menjadi audio dan teks secara real time. Interprefy mengklaim ini adalah layanan terjemahan ucapan otomatis canggih pertama untuk acara online dan langsung.

CEO Interprefy Oddmund Braaten memiliki ambisi besar untuk Aivia. Dia ingin alat tersebut akhirnya membuat terjemahan simultan sebagai fokus utama. “Selama delapan tahun terakhir, teknologi penerjemahan jarak jauh kami telah sangat membantu dan diadopsi secara luas, terutama selama era Covid,” katanya kepada TNW dikutip SINDOnews dari laman thenextweb, Kamis (27/4/2023).

Braaten optimistis tentang hasilnya. Dia yakin Aivia adalah penerjemah ucapan AI yang paling akurat dan fleksibel di pasar. Untuk itu, Aivia mengintegrasikan tiga teknologi AI utama, yaitu pengenalan ucapan otomatis, terjemahan mesin, dan pembuatan suara sintetik.

Untuk meningkatkan hasilnya, Interprefy membuat perangkat pembandingan untuk mengevaluasi AI terbaik untuk setiap kombinasi bahasa. Perusahaan juga menggunakan alat ekstraksi glosarium untuk menyesuaikan Aivia lebih lanjut untuk setiap acara.



Interprefy menyiapkan sistem dengan kata kunci yang relevan dan nama atau singkatan yang sulit ditangkap dari konten terkait. Menurut Braaten, pendekatan ini mengatasi dua kekurangan dalam terjemahan ucapan secara real time, yaitu hasil yang tidak konsisten dan kebutuhan sesuai acara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)