Tabrakan dengan Bus, Sopir Xenia Tewas Terjepit

Kamis, 04 Februari 2016 - 16:09 WIB
Tabrakan dengan Bus, Sopir Xenia Tewas Terjepit
Tabrakan dengan Bus, Sopir Xenia Tewas Terjepit
A A A
CIAMIS - Diduga sopir mengantuk saat mengemudi, sebuah mobil Daihatsu Xenia D 1334 ADI bertabrakan dengan bus Sonny dengan nomor polisi Z 7819 HA.

Peristiwa tragis itu terjadi di Jalan Ciamis-Tasikmalaya tepatnya di Dusun Pasarsaptu, Desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Kamis (4/2/2016).

Akibat kecelakaan itu, sopir Xenia Ponikin Ade Hartono (40) warga Pasirkupa, Desa Buniraga, Kecamatan Kurawaringin, Kabupaten Bandung tewas setelah mengalami luka pada bagian dada karena terjepit oleh kemudi.

Sementara pengemudi bus Anda Suhada (50) mengalami luka-luka. Begitu juga dengan penumpang Xenia Eli Permana (42) sehingga harus dilarikan ke RSUD Ciamis. Selain itu, kedua kendaraan mengalami kerusakan parah.

Salah seorang saksi mata, Husen (46), warga sekitar menuturkan saat dirinya berada di warung pinggir jalan kawasan kujang, terdengar suara benturan yang cukup keras, setelah dicek ternyata terjadi tabrakan antara Xenia dengan Bus Sonny.

"Saya melihat mobil Xenia itu tiba-tiba oleng ke kanan, dari arah berlawanan datang mobil bus, karena jaraknya sudah dekat terjadi tabrakan, mungkin sopir xenia ngantuk atau kecapean jadi mobilnya oleng," jelasnya.

Setelah terjadi tabrakan, warga sekitar langsung berdatangan untuk membantu melakukan evakuasi.

Menurutnya, sopir Xenia terjepit oleh kemudi akibat tabrakan hingga ringsek bagian depannya. Proses evakuasi cukup lama sekitar hampir lebih dari setengah jam. Namun setelah korban berhasil dievakuasi ternyata sudah tewas.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Satlantas Polres Ciamis Iptu Husen Sujana menjelaskan dari hasil olah tempat kejadian perkara dan keterangan saksi-saksi.

Mobil Xenia yang dikemudikan Poniken datang dari arah Ciamis menuju Tasikmalaya, setibanya di tempat kejadian mobil tiba-tiba oleng ke kanan jalan.

Sementara dari arah berlawanan ada Bus Sonny yang dikemudikan Anda Suhanda hingga terjadi tabrakan.

"Kedua kendaraan mengalami kerusakan, sopir mengalami luka-luka, namun pengemudi Xenia atas nama Ponikin meninggal dunia sewaktu dalam perjalanan ke RSUD Ciamis,” jelasnya.

Menurut Husen, penyebab dari kecelakaan tersebut kesimpulan sementara karena faktor kelalaian dari sopir Xenia yang mengalami kelelahan sehingga tidak menguasai kemudinya.

"Diduga sopir Xenia kelelahan, sehingga mobil oleng ke kanan jalan, juga jalan tersebut cukup lurus sehingga banyak pengendara yang memacu kendaraannya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5983 seconds (0.1#10.140)