Tanpa Iran dan Saudi, Upaya AS-Rusia di Suriah Akan Sia-sia

Rabu, 03 Februari 2016 - 15:05 WIB
Tanpa Iran dan Saudi, Upaya AS-Rusia di Suriah Akan Sia-sia
Tanpa Iran dan Saudi, Upaya AS-Rusia di Suriah Akan Sia-sia
A A A
WASHINGTON - Mantan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Rusia, Thomas Pickering menuturkan, upaya AS dan Rusia untuk mendamaiakan Suriah tidak akan berhasil tanpa adanya keterlibatan dua kekuatan besar di Timur Tengah. Dua kekuatan itu menurut Pickering adalah Iran dan Arab Saudi.

"Koordinasi yang dilakukan oleh AS dan Rusia soal Suriah adalah sesuatu hal yang penting, tapi itu tidak cukup. Dibutuhkan pemain lain di sini, yakni Saudi dan Iran," ucap Pickering dalam sebuah pernyataan.

Tapi, Pickering juga mengingatkan sebesar apapun usaha yang dilakukan oleh kedua atau keempat negara, bila tidak adanya keterlibatan masyarakat dan pemerintah Suriah, maka hal itu tetap tidak akan menghasilkan apapun.

"Konflik yang terjadi di Suriah tidak akan bisa diselesaikan tanpa adanya usaha dari dalam Suriah sendiri, tanpa adanya diskusi antara pihak-pihak di Suriah mengenai pemerintahan transisi," sambungnya, seperti dilansir Fars News pada Rabu (3/2).

Negosiasi damai antara pemerintah dan oposisi Suriah sendiri saat ini masih berlangsung di Jenewa, Swiss. Negosiasi tidak langsung, yang dimediasi oleh PBB tersebut saat ini sudah memasuki hari ketiga.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5676 seconds (0.1#10.140)