10 Tentara Pembebasan Nasional Papua Menyerahkan Diri

Selasa, 26 Januari 2016 - 15:04 WIB
10 Tentara Pembebasan Nasional Papua Menyerahkan Diri
10 Tentara Pembebasan Nasional Papua Menyerahkan Diri
A A A
JAYAPURA - Sebanyak 10 anggota Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM) menyerahkan diri. Mereka adalah anak buah Goliat Tabuni yang bermarkas di Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Sepuluh orang anggota OPM ini menyerahkan diri ke Bupati Puncak Jaya Henock Ibo di Mulia, Pusat Kota Kabupaten Puncak Jaya, Papua, pada Senin 25 Januari 2016. Sebelumnya, pemerintah daerah bersama TNI/Polri terus melakukan pendekatan.

Dari 10 anggota OPM yang menyerahkan diri tersebut, dua orang di antaranya adalah pengawal Goliat Tabuni yang merupakan Komandan Tertinggi TPN OPM wilayah Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya. Keduanya adalah Teranus Enumbi dan Melodi Wonda.

Sepuluh orang TPN OPM itu rencananya akan diterbangkan ke Jakarta untuk melihat sejumlah kemajuan di Ibu Kota Indonesia.

Teranus dan Melodi memegang peranan penting dalam perlindungan untuk Goliat. Apalagi keduanya memiliki senjata api. Saat ini, senjata yang dimilikinya masih berada di rumah Teranus dan Melodi dan belum disita tentara.

Bupati Puncak Jaya Henock Ibo mengatakan, yang terpenting kedua pengawal Goliat itu sudah menyatakan diri bergabung dengan NKRI bersama anggota OPM lainnya. Untuk masalah Goliat Tabuni, menurutnya tinggal menunggu waktu saja.

"Pemerintah sudah menjalin hubungan sejak lama dengan Goliat. Tinggal menunggu waktu saja," katanya, kepada wartawan, Selasa (26/1/2016).

Sementara itu, Wakapolda Papua Brigjend Pol Rudolf Albert Rodja mengatakan, terkait sejumlah aksi penembakan yang terjadi di Puncak Jaya, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kapolda Papua.

"Apakah 10 orang ini akan diperiksa terkait aksi penembakan terhadap aparat TNI/Polri maupun warga di Puncak Jaya, masih menunggu intruksi lanjutan dari Kapolda Papua," ungkapnya.

Adapun 1o anggota TPN OPM itu adalah Teranus Enumbi, Yandu Enumbi, Telak Kogoya, Tendison Enumbi, Paindin Enumbi, Yakingga Enumbi, Berenggup Enumbi, Kopinggup Enumbi, Lendi Enumbi, dan Tendiron Enumbi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0757 seconds (0.1#10.140)