Simak Perbandingan ODP dan MT yang Wajib Diketahui Fresh Graduate

Rabu, 19 April 2023 - 17:13 WIB
loading...
Simak Perbandingan ODP dan MT yang Wajib Diketahui Fresh Graduate
Perbandingan ODP dan MT menjadi informasi penting yang perlu diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Perbandingan ODP dan MT menjadi informasi penting yang perlu diketahui. Khususnya para mahasiswa lulusan baru alias fresh graduate.

Istilah seperti Officer Development Program (ODP) dan Management Trainee (MT) mungkin sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat, terutama bagi para lulusan baru yang tengah mencari pekerjaan.

Setiap tahunnya, cukup banyak perusahaan yang membuka rekrutmen melalui jalur ODP dan MT tersebut. Dalam hal ini, biasanya para fresh graduate menjadi salah satu peminat yang paling besar.


Perbandingan ODP dan MT

Berikut perbandingan Officer Development Program (ODP) dan Management Trainee (MT) yang perlu diketahui.

1. Officer Development Program (ODP)

Officer Development Program (ODP) menjadi salah satu program rekrutmen yang dilakukan sebuah perusahaan tertentu. Biasanya, penyelenggara program ini yang cukup sering dijumpai adalah sektor perbankan, termasuk yang menjadi milik BUMN.

Pada pengertiannya, ODP bisa disebut sebagai program rekrutmen berbentuk pelatihan kerja yang ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia unggul sesuai kebutuhan perusahaan.

Jadi, berbeda dengan rekrutmen biasa, para peserta ODP nantinya akan mendapat pelatihan dengan sederet kualifikasi dan kemampuan khusus yang disesuaikan kebutuhan perusahaan.

Secara umum, mereka akan menghadapi dua tahapan berbeda, yakni in-class training (pelatihan dalam kelas) serta on job training (terjun ke pekerjaan).

Program rekrutmen ODP biasanya banyak diincar oleh sarjana muda. Adapun alasannya karena prospek yang menjanjikan serta menawarkan gaji yang relatif besar.

Meski demikian, proses seleksinya cukup ketat dan tingkat persaingannya pun sangat tinggi. Maka dari itu, hanya para kandidat terpilih yang bisa lolos rekrutmen tersebut.


2. Management Trainee (MT)

Management Trainee (MT) merupakan program pelatihan manajemen sebuah perusahaan. Tujuannya adalah agar nantinya perusahaan terkait bisa memiliki kandidat yang cocok untuk menempati posisi manajerial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)