Operasi Camar Maleo IV Belum Berhasil Tangkap Santoso

Kamis, 07 Januari 2016 - 22:10 WIB
Operasi Camar Maleo IV Belum Berhasil Tangkap Santoso
Operasi Camar Maleo IV Belum Berhasil Tangkap Santoso
A A A
POSO - Jelang berakhirnya Operasi Camar Maleo IV pada 9 Januari 2016, pasukan TNI dan Brimob mulai ditarik dari hutan pegunungan yang sejak 28 Oktober 2015 menjadi lokasi operasi pencarian dan pengejaran kelompok teroris Santoso.

Operasi Camar Maleo IV yang digelar di Poso, Sulawesi Tengah dalam rangka pencarian dan pengejaran kelompok teroris Santoso dipastikan berakhir pada 9 Januari 2016.

Sejak tanggal 7 Januari 2016, TNI-Polri mulai ditarik dari berbagai lokasi di hutan pegunungan yang selama ini menjadi tempat pelaksanaan operasi yang secara keseluruhan melibatkan 1.700 personel gabungan TNI-Polri.

Informasi yang dihimpun di Mapolres Poso menyebutkan, setidaknya terdapat 700 personel TNI dan 300 Brimob BKO dari Mabes Polri yang telah ditarik sejak Kamis, 7 Januari 2016 ini.

Mereka dikumpulkan secara terpisah di empat pos komando taktis di Kecamatan Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, Poso Pesisir, dan Lore Timur Kabupaten Poso, serta Sausu di Kabupaten Parigi Moutong.

Personel TNI langsung diberangkatkan menuju Korem 132 Tadulako di Palu sebelum dikembalikan ke kesatuan masing masing di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Sementara, 300 Brimob BKO dari Mabes Polri akan diberangkatkan menuju Polda Sulawesi Tengah di Palu pada Jumat, 8 Januari 2016, setelah pelaksanaan upacara serah pasukan di Mapolres Poso.

Sejauh ini, Operasi Camar Maleo IV itu tidak berhasil menangkap kelompok teroris Santoso yang diburu dalam operasi yang digelar sejak 28 Oktober 2015.

Operasi Camar Maleo sebelumnya diharapkan dapat menuntaskan keberadaan kelompok teroris Santoso. Setidaknya, terdapat 38 orang anggota kelompok Santoso yang menjadi target dari Operasi Camar Maleo IV.

Meskipun belum berhasil menangkap kelompok itu, tetapi bagi Polri operasi berhasil mengamankan Poso dari potensi gangguan keamanan dalam berbagai even kegiatan penting seperti pelaksanaan pilkada serentak, Natal 2015, dan Tahun Baru 2016.

Mereka juga mengamankan tujuh orang yang disebut sebagai kurir dan simpatisan kelompok Santoso.

Meski Operasi Camar Maleo IV berakhir pada 9 Januari mendatang, Polri masih menempatkan 700 personel Brimob untuk mengisolasi kelompok Santoso yang disebut masih berada di dalam kawasan hutan pegunungan yang membentang di empat wilayah kecamatan di Poso, Sulawesi Tengah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0827 seconds (0.1#10.140)