Janur Kuning Hiasi Rute Kirab Jumenengan GKPAA Paku Alam X

Kamis, 07 Januari 2016 - 11:43 WIB
Janur Kuning Hiasi Rute Kirab Jumenengan GKPAA Paku Alam X
Janur Kuning Hiasi Rute Kirab Jumenengan GKPAA Paku Alam X
A A A
YOGYAKARTA - Sejumlah jalan yang akan dilalui dalam kirab Jumenengan GKPAA Paku Alam X dihiasi janur kuning. Kirab dengan sejumlah kereta kencana itu bakal digelar sekita pukul 14.00 WIB nanti.

Ketua Panitia Kirab, Hasto Prakoso menyampaikan, rute yang ditempuh mulai star dari pintu masuk Puro Pakualaman. Kemudian, keluar menuju Jalan Sultan Agung, kemudian Jalan Gajah Mada hingga Kusumanegara dan kembali ke Pura Pakualaman.

"Rute kirab sekitar 3,5 kilometer, dari Puro Pakualaman, Sultan Agung, Gajah Mada, Bausasran, Gayam, Cendana, Kusumanegara, dan Sultan Agung, berakhir kembali di Puro Pakualaman," katanya, Kamis (7/1/2016).

Dia mengaku kirab siang nanti sebagai salah satu perkenalan pada GKPAA Paku Alam X yang baru dinobatkan pada masyarakat. Kirab itu juga sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya yang selama ini ada.

Rangkaian kirab, diawali dengan marching band, kemudian dari Gajah, Manggala Yudha, prajurit pembawa bendera Pakualaman dan enam kereta kencana termasuk Kiai Manik Kumolo yang akan dinaiki Paku Alam X.

Enam kereta kencana yang digunakan dalam kirab akan ditarik lebih dari 30 kuda. Satu kereta ada yang enam, empat, hingga dua ekor kuda.

Kereta kencana yang digunakan dalam kirab, mulai Kiai Manik Kumolo, Rejo Pawoko yang merupakan tampilan dalem, Kereta Rara Kumenyar, Kiai Brajanala, Kiai Manik Brojo dan satu kereta baru yang bernama Jala Dara.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.0198 seconds (0.1#10.140)