DPR Desak Panglima TNI Umumkan Penyebab Jatuhnya Pesawat Golden Eagle

Senin, 21 Desember 2015 - 16:28 WIB
DPR Desak Panglima TNI Umumkan Penyebab Jatuhnya Pesawat Golden Eagle
DPR Desak Panglima TNI Umumkan Penyebab Jatuhnya Pesawat Golden Eagle
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Elnino M Husain Mohi menyatakan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya dua pilot pesawat tempur TNI AU dalam insiden jatuhnya Pesawat T50 Golden Eagle di dalam Kompleks Lanud Adisucipto, Yogyakarta, Minggu 20 Desember 2015.

"Saya dan para anggota Komisi 1 turut berduka dan berdoa atas meninggalnya kedua pilot tempur kita," kata Elnino melalui keterangan tertulis kepada Sindonews, Senin (21/12/2015).

Politikus Gerindra ini pun mendesak Panglima TNI atau Kepala Staf Angkatan Udara untuk memberikan penjelasan kepada publik mengenai penyebab jatuhnya pesawat TNI AU itu.

Menurutnya, penjelasan resmi dari pihak TNI sangat dibutuhkan untuk menjaga rasa optimisme rakyat terhadap kekuatan TNI. "Jangan nanti sampai malah menjadi pesimistis," kata Elnino.

Dia mengaku prihatin dengan sejumlah insiden jatuhnya pesawat tempur milik TNI yang belakangan ini kerap terjadi.

Elnino mengatakan, perlunya perbaikan sistem pengadaan dan perawatan alutsista agar ke depan kecelakaan pesawat tempur dapat dihindari.

Elnino juga mengingatkan adanya kebutuhan bagi TNI untuk menaikkan tunjangan pilot pesawat tempur. Dia pun menyanggupi untuk mendorong wacana tersebut dalam pembahasan Komisi I DPR.

"Komisi 1 siap untuk mendorong dan membantu TNI memperbaiki SDM maupun alutsista selama untuk kepentingan menjaga NKRI," kata Elnino.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)