Kirim Peringatan Serius ke Taiwan, 71 Jet Tempur China Terabas Garis Median

Minggu, 09 April 2023 - 11:48 WIB
loading...
Kirim Peringatan Serius ke Taiwan, 71 Jet Tempur China Terabas Garis Median
71 jet tempur China terabas garis media Selat Taiwan selama hari pertama latihan militer. Foto/Ilustrasi
A A A
TAIPEI - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan setidaknya 71jet tempurdan sembilan kapal China melintasi garis media Selat Taiwan pada Sabtu pagi. Itu adalah hari pertama China menggelar latihan militer yang disebutnya sebagai peringatan serius untuk Taiwan.

Latihan militer itu dilakukan hanya beberapa hari setelah presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) di Los Angeles.

China sebagai balasannya mengeluarkan peringatan ke pulau yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri itu.

“Ini adalah peringatan serius bagi pasukan separatis kemerdekaan Taiwan dan kolusi dan provokasi pasukan eksternal, dan ini adalah tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah,” kata Komando Teater Timur tentara China dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya melihat 71 pesawat China dan sembilan kapal melintasi garis median – yang berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua belah pihak – pada pukul 16.00 waktu setempat pada hari Sabtu.



Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan China menggunakan kunjungan Tsai ke AS sebagai alasan untuk melakukan latihan militer, yang telah merusak perdamaian, stabilitas, dan keamanan regional secara serius.

"Militer akan merespons dengan sikap tenang, rasional dan serius untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan keamanan nasional," kata Kementerian Pertahanan Taiwan seperti dilansir dari Independent, Minggu (9/4/2023).

Kementerian Pertahanan Taiwan juga mengatakan mengutuk tindakan irasional dan menambahkan akan mempertahankan keamanan nasional dengan kesiapan tempur yang solid.

Selain latihan, China juga telah memberlakukan sanksi baru terhadap AS sebagai pembalasan atas pertemuan McCarthy dengan presiden Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)