Komplotan Rampok Umbar Tembakan, Tiga Warga Terluka

Rabu, 25 November 2015 - 16:56 WIB
Komplotan Rampok Umbar Tembakan, Tiga Warga Terluka
Komplotan Rampok Umbar Tembakan, Tiga Warga Terluka
A A A
SEMARANG - Aksi perampokan brutal menyasar dua toko emas di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (25/11/2015) pagi.

Selain menggasak emas, komplotan pelaku bersepeda motor juga menembak tiga warga dengan senjata api.

Informasi yang dihimpun insiden perampokan terjadi sekira pukul 08.30 WIB. Dua toko emas yang dirampok yakni Toko Emas Naga Putri dan Toko Emas Adil dan Bintang.

Kedua toko emas berlokasi di Pasar Sikanco, Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

Kronologi perampokan, empat orang masuk ke Toko Emas Naga Putri. Saat itu lokasi belum ramai, sebab toko baru buka.

Dari empat pelaku yang masuk, satu orang mengancam pegawai toko dengan senpi, tiga lainnya menggasak emas di etalase.

Selesai merampok di situ, komplotan bergeser ke Toko Emas Adil dan Bintang. Empat pelaku masuk, satu di antarnya menembak penjaga toko emas bernama Sumardi, mengenai pinggang kanan.

Puas merampok, mereka melarikan diri menggunakan 2 sepeda motor yang dari awal mereka gunakan, Yamaha Jupiter dan Honda Supra X. Beberapa kali mereka mengumbar tembakan ke udara.

Tak berhenti di situ. Sampai di depan BRI Unit Danasri, pelaku kembali menembak. Ada dua tembakan, satu mengenai kaki kanan Muslimin, satpam setempat yang sedang berdiri di pintu gerbang, satu lagi mengenai atas mata kaki sebelah kanan pegawai BRI bernama Suyitno.

"Peluru yang mengenai pegawai bank itu menyerempet," kata sumber di lokasi kejadian.

Tak lama setelah perampokan terjadi, petugas Reserse Kriminal Polres Cilacap menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Petugas Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Jawa Tengah juga menyusul ke TKP.

Tim Subdirektorat IV Kejahatan Kekerasan (Jatanras) dipimpin AKBP Taufan dari Semarang usai menggelar konferensi pers di Mapolda Jawa Tengah soal keberhasilan menangkap 2 komplotan pencurian di Blora, langsung menyusul ke Cilacap. "Nanti perkembangan akan kami sampaikan," kata Taufan.

Berdasar Olah TKP, pelaku diduga berjumlah enam orang namun yang terdeteksi 4 orang. Dari keterangan saksi, salah satu motor Jupiter yang dikendarai pelaku tertera pelat nomor R 5381 EL.

Mereka menggunakan helm dan cadar saat beraksi, membawa senpi genggam alias pistol 4 pucuk. Sementara, korban penembakan dirawat di RS Siaga Medika, Kabupaten Banyumas.

Polisi masih berusaha mengidentifikasi dan mengejar para pelaku perampokan itu. Kerugian di Toko Emas Naga Putri, sekira 700 gram emas sementara di Toko Emas Adil dan Bintang sekira 200 gram emas.

Ironisnya, aksi perampokan itu juga terjadi di hari ketika para pejabat Polda Jawa Tengah, dipimpin Kepala Polda Jawa Tengah, Irjen Pol Nur Ali melakukan kegiatan di Cilacap.

Kedatangan para pejabat Polda Jawa Tengah itu menyusul hadirnya Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Cilacap dalam rangka peresmian Unit Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Kilang Cilacap.

"Betul, kegiatan Pak Kapolda di Cilacap karena ada Wapres, peresmian kilang minyak yang diperbesar," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3030 seconds (0.1#10.140)