Eks Pejabat CIA Prediksi Putin Bakal Seperti Mayat Berjalan karena Disingkirkan Jenderalnya

Selasa, 04 April 2023 - 14:09 WIB
loading...
Eks Pejabat CIA Prediksi Putin Bakal Seperti Mayat Berjalan karena Disingkirkan Jenderalnya
Presiden Vladimir Putin diprediksi mantan pejabat CIA bakal disingkirkan para jenderal Rusia yang muak dengan kerugian besar dalam perang di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan pejabat CIA Amerika Serikat (AS), James Olson, percaya Presiden Vladimir Putin akan disingkirkan para jenderal Rusia yang muak dengan kerugian besar di Ukraina .

Jika itu terjadi, kata Olson, nasib pemimpin Kremlin itu akan seperti "dead man walking" atau "mayat berjalan".

“Itu tidak berjalan dengan baik sama sekali. Saya percaya Putin berada dalam situasi yang tidak menguntungkan sekarang,” kata veteran 30 tahun dari agen mata-mata Amerika itu merujuk pada kondisi perang Rusia di Ukraina.

Menurut Olson, Putin tidak akan pernah setuju untuk menarik pasukannya dari Ukraina sampai pihaknya mengambil kendali penuh atas empat wilayah yang diduduki sebagian yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada musim gugur lalu.



“Jika Putin tetap berkuasa, akan ada perang panjang karena dia tidak akan menyerah—tetapi saya tidak berpikir bahwa Putin akan tetap berkuasa,” kata Olson dalam wawancara dengan The Sun, yang dilansir Selasa (4/4/2023). "Saya yakin dia akan disingkirkan dari kekuasaan."

Olson mengatakan pemimpin Rusia berusia 70 tahun itu bisa digulingkan dalam pemberontakan atau bahkan dibunuh.

“Saya pikir Putin akan disingkirkan,” katanya. "Saya tidak akan mengesampingkan pembunuhan," katanya lagi.

Olson, pensiunan spymaster dan penulis, yang menjabat sebagai profesor urusan internasional di Texas A&M University, berpendapat bahwa para pemimpin militer Rusia “jijik” dengan tingginya tingkat korban di Ukraina.

"Jika para jenderal Putin yang tidak puas melawannya, dia akan menjadi 'mayat yang berjalan'," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)