KPU Kendal Imbau Nelayan Tak Melaut saat Pilkada

Selasa, 24 November 2015 - 07:11 WIB
KPU Kendal Imbau Nelayan Tak Melaut saat Pilkada
KPU Kendal Imbau Nelayan Tak Melaut saat Pilkada
A A A
KENDAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mengimbau kepada nelayan untuk tidak melaut saat pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.

"Kami hanya menghimbau saja, untuk tanggal 9 Desember nelayan di Kendal jangan melaut dulu. Jika mau melaut boleh asal sudah menggunakan hak pilihnya," kata Hevi Indah Oktaria, Divisi Sosialisasi dan Pencalonan KPU Kabupaten Kendal.

Para nelayan juga diminta untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya. Menurutnya, nasib Kendal lima tahun ke depan bergantung dari pilihan warga, termasuk dari nelayan.

Pendekatan kepada nelayan sudah dilakukan dengan menggelar pendidikan politik dan sosialisasi Pilkada Kendal.

Sedikitnya 50 nelayan dari perwakilan rukun nelayan se-Kabupaten Kendal mengikuti kegiatan tersebut. Para nelayan ini mendapatkan pengarahan, tentang pentingnya menggunakan hak pilih demi Kendal yang lebih baik.

"Jumlah nelayan cukup banyak di Kabupaten Kendal, meskipun kami tidak bisa menyebutkan angka secara pasti," paparnya.

Sementara itu Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kendal Zaenal Arifin mengatakan, pihaknya akan membuat surat edaran kepada seluruh nelayan agar menggunakan hak pilihnya.

"Kita akan mengirimkan surat dan menghimbau, agar nelayan tidak melaut terlebih dahulu. Kalau terpaksa ingin mencari ikan, ya gunakan hak pilihnya dulu di TPS terdekat," imbaunya.

Zaenal juga akan melakukan pendekatan kepada nelayan khususnya yang mempunyai kapal berukuran besar, karena saat mencari ikan bisa memakan waktu berhari-hari.
Nantinya nelayan yang melaut sebelum pelaksanaan Pilkada, bisa kembali ke rumah saat pemilihan.

"Kalau nelayan kecil seperti di Bandengan, Karangsari, Pilangsari dan lainnya tidak berhari-hari mencari ikan. Kan bisa berangkat siang usai mencoblos dan kembali sore harinya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5939 seconds (0.1#10.140)