Lakukan Olah TKP, Polda Riau Selidiki Ledakan di Kilang Pertamina Dumai

Selasa, 04 April 2023 - 02:38 WIB
loading...
Lakukan Olah TKP, Polda Riau Selidiki Ledakan di Kilang Pertamina Dumai
Tim Polda Riau diterjunkan ke lokasi untuk melakukan olah TKP terkait insiden ledakan di PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) Kota Dumai. Hasilnya masih menunggu penyelidikan pihak kepolisian. Foto SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Tim Polda Riau diterjunkan ke lokasi untuk melakukan olah TKP terkait insiden ledakan di PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) Kota Dumai. Hasilnya masih menunggu penyelidikan pihak kepolisian.

Kapolda Riau Irjen M Iqbal menegaskan bahwa pihaknya menerjunkan tim laboratorium forensik (Labfor) dan tim Ditreskrimum Polda Riau untuk mengusut peristiwa tersebut. Baca juga: Gen Z Bahas Krisis Iklim Bareng Pakar Bertajuk International Space UP Emerging Forum 2023

"Dirkrimum, Kabid Labfor dan tim sedang melaksanakan olah TKP guna penyelidikan mendalam," kata Kapolda Riau Senn (3/4/2023).

Berdasarkan keterangan pihak perusahaan, dugaan penyebab ledakan adalah kare terjadinya release H2 (pelepasan hidrogen).

"Keterangan dari pihak perusahaan diduga penyebabnya terjadi Release H2 di area pipa suction discharge Area yang menyebabkan Flash serta terbakarnya Unit Hydro cracker (HCU)," imbuhnya.

Namun untuk memastikan masih menunggu hasil penyidikan pihak kepolisian. Dalam insiden ledakan di PT Kilang Pertamina Dumai, 9 orang terluka dan mengakibatkan rumah dan fasilitas umum juga ada kerusakan.

Kejadian ini menyebabkan di unit Hydro cracker yang terbakar di area kilang Pertamina KPI RU II Dumai dihentikan sementara waktu.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)