Tak Beroperasi Lagi, RSDC Wisma Atlet Kemayoran Akan Hibahkan Sejumlah Alat Kesehatan

Sabtu, 01 April 2023 - 07:28 WIB
loading...
Tak Beroperasi Lagi, RSDC Wisma Atlet Kemayoran Akan Hibahkan Sejumlah Alat Kesehatan
RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat resmi tidak beroperasi lagi sejak Jumat, 31 Maret 202 kemarin. Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat resmi tidak beroperasi lagi sejak Jumat, 31 Maret 202 kemarin. Sejumlah alat kesehatan , tempat tidur, dan lainnya akan dihibahkan atau dipinjamkan ke sejumlah Rumah Sakit (RS) agar lebih terawat.

Kapuskes TNI Mayjen dr Guntoro mengatakan, ada beberapa peralatan ICU, termasuk tempat tidur, dan peralatan pendukung lainnya seperti alat tulis, AC, komputer, dan lainnya akan dihibahkan.

"Nanti kita atur dan data. Sudah kita list dan kita cari informasinya, asal-usulnya dari siapa. Sumbangan dari mana, apakah ini milik pemerintah atau swasta. Itu nanti kita atur agar kita kembalikan kalau memang kita pinjam," kata Guntoro kepada awak media di RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

Guntoro menuturkan, sejumlah alat kesehatan terutama peralatan ICU yang sempat dipakai untuk menangani pasien Covid-19 saat terjadi pelonjakan kasus akan dihibahkan ke sejumlah rumah sakit. Sebab, kalau disimpan tanpa perawatan ada kemungkinan alat akan rusak.


"Kalau alat medis yang seharusnya yang bisa ditempatkan di rumah sakit yang akan kita hibahkan. Seperti alat ICU kan tidak mungkin di simpan di sini terlantar begitu saja nanti akan rusak. Itu yang akan kita hibahkan atau mungkin sampai statusnya jelas kalau perlu kami pinjamkan karena ada beberapa rumah sakit yang meminta dan itu daripada rusak sementara kita hibahkan," ujarnya.

Sebelumnya, RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat resmi tidak lagi melayani isolasi pasien Covid-19 mulai hari ini Jumat (31/3/2023). Hal itu seiring melandainya kasus Covid-19 di Indonesia khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)