alexa snippet

Anak Kampung Transmigran Sumsel Kuliah di China

Anak Kampung Transmigran Sumsel Kuliah di China
Miftahun Nurrochman (foto:Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Namanya Miftahun Nurrochman. Pemuda kelahiran 6 Oktober 1996 di perkampungan transmigran Pelita Jaya Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel ini adalah anak seorang petani transmigran yang hijrah ke Sumsel pada tahun 1988.

Hidup di daerah transmigrasi tak serta merta selalu diliputi kesuksesan. Bahkan pada saat krisis ekonomi 1998, pertanian orangtuanya terserang hama dan tanah tandus. Karena tak sanggup membeli beras, maka ubi pun menjadi makanan pokok.

“Karena kondisi hidup yang sangat berat, maka orangtua memutuskan untuk pindah ke Desa Talang Taling. Di lokasi baru kami hanya tinggal di gubuk beratap daun di perkebunan,” kata Miftahun mengenang masa sulit di desanya, Sabtu (14/11/2015).

Tinggal di tempat kurang layak tak mengecilkan semangat Miftahun. Kondisi tersebut malah memacu dirinya untuk berprestasi di sekolah. Hal tersebut diwujudkan dengan diraihnya peringkat pertama di Kelas 3 SD dan menjadi 10 besar hingga lulus SD.

Sebagai anak buruh tani, Miftahun sempat terancam tidak bisa melanjutkan sekolah. Disaat sulit itu, dia mendapat bantuan dari kakaknya. Kakak Miftahun bekerja sebagai sopir untuk memudahkan dia ke sekolah yang jaraknya sangat jauh.

“Tanpa ada bantuan dari kakak saya, tidak mungkin saya bisa menyelesaikan studi di MTs. Karena dukungan orangtua dan saudara saya, akhirnya saya bisa melanjutkan studi ke SMKN 1 Gelumbang,” lanjutnya.

Berbeda dengan anak SMK pada umumnya, Miftahun memilih untuk tekun belajar. Dan ketekunannya tersebut, dia keluar menjadi kandidat perlombaan Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) pada 26-28 Februari 2015.

Lomba itu diselenggarakan PASIAD Indonesia (Pasific Countries Sosical and Economic Solidarity Association) atas kerjasama Indonesia-Turki. Dalam lomba itu, dia membuat alat penaik tegangan dari 12 Volt DC menjadi 220 Volt AC.

Alat buatannya itu berhasil meraih medali perunggu International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) yang diselenggarakan di Tbilisi-Georgia, Eropa, pada 1-3 Mei 2015.

“Senang sekali bisa menang, karena akhirnya perjuangan orangtua dan saudara saya tidak sia-sia. Bahkan saya rela berkelahi dengan teman-teman sewaktu sekolah dahulu gara-gara diajak membolos,” lanjutnya.

dibaca 7.909x
halaman ke-1 dari 3
loading gif
Top