Profil Kapolda Jabar Anyar Irjen Akhmad Wiyagus, Pernah Jabat Direktur Pengaduan Masyarakat KPK

Kamis, 30 Maret 2023 - 20:23 WIB
loading...
Profil Kapolda Jabar Anyar Irjen Akhmad Wiyagus, Pernah Jabat Direktur Pengaduan Masyarakat KPK
Kapolda Jabar, Irjen Akhmad Wiyagus pernah menjabat Direktur Pengaduan Masyarakat KPK. Foto/Dok.iNews
A A A
BANDUNG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan mutasi di tubuh Polda Jabar. Langkah itu dilakukan dengan menempatkan orang baru sebagai Kapolda Jabar, yakni Irjen Akhmad Wiyagus.

Kepindahan Irjen Akhmad Wiyagus ke Polda Jabar diketahui melalui Surat Telegram (ST) Nomor: ST/713/III/KEP./2023 tanggal 27 Maret 2023. Dengan demikian, peraih Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas ini berpindah dari Polda Lampung ke Polda Jabar.


Pria kelahiran Tasikmalaya, 23 September 1967 ini berpengalaman di bidang reserse terutama dalam hal pemberantasan korupsi.

Bahkan lulusan Akpol pada tahun 1989 itu pernah bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat.

Selain itu, Akhmad Wiyagus juga dikenal sebagai sosok yang giat dalam urusan pemberantasan korupsi. Berbagai kasus pernah ditanganinya saat menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Sejumlah kasus tersebut antara lain cetak sawah payment gateway yang menyeret mantan Wamenkumham Deny Indrayana. Kemudian kasus korupsi Pertamina dan korupsi Stadion Gedebage di Bandung, Jabar.



Karier cemerlangnya sempat akan mengisi pimpinan KPK. Ketika menjabat Wakapolda Jabar pada 2019, dia lolos seleksi awal calon pimpinan KPK.

Akan tetapi, di tengah jalan memilih untuk mundur.

"Ada satu dari kepolisian yang mengundurkan diri, yaitu Pak Wiyagus," ujar Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih di sela-sela jadwal istirahat uji kompetensi capim KPK di Gedung Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019) silam.

Riwayat Jabatan Irjen Akhmad Wiyagus:


- Direktur Pengaduan Masyarakat KPK
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5100 seconds (0.1#10.140)